FiturTeknologi

Transfer Beda Bank tapi Tetap Gratis? Mungkin Flip yang Kamu Cari!

BISNISBANTEN.COM – Setiap hari, kalau membuka Twitter selalu saja ada adv Flip tentang Flip transfer beda bank gratis. Memangnya apa sih Flip ini? Cari tahu yuk.

Dikutip dari laman resmi Flip, Flip adalah aplikasi untuk melakukan transfer beda bank tanpa biaya, pengiriman uang ke luar negeri, pembelian pulsa dan paket data, token listrik, serta pengisian saldo e-Wallet.

Flip bekerja sebagai transaksi antarbank. Cara kerja Flip, pengguna cukup melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening Flip yang sama dengan bank yang dimiliki.

Advertisement

Lalu Flip akan meneruskan uang pengguna ke rekening tujuan menggunakan bank yang sama dengan rekening tujuan. Perlu diingat Flip tidak dapat melakukan debit otomatis dari rekening pengguna.

Pengguna tetap perlu transfer ke rekening Flip melalui via ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking dari bank yang sama dengan bank yang dimiliki

Tapi lantaran skema transfernya ke sesama bank maka pengguna tidak kena biaya transfer atau gratis.

Flip juga tidak memberikan batasan frekuensi transfer setiap harinya. Namun dalam sehari Flip telah menetapkan limit nominal transfer.

Advertisement

Flip telah menetapkan per hari limit nominal transfer gratis yang diberikan ke setiap pengguna sebesar Rp5 juta per hari. Jika melebihi limit, pengguna bisa mentransfer dengan biaya Rp 2.500 per transaksi.

Keuntungan Flip didapatkan dari layanan Flip+, Big Flip for Business, dan Flip Globe yang terdapat biaya transfer pada setiap transaksinya.

Flip juga mendapatkan keuntungan dari penjualan produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, dan pengisian e-Wallet.

Aplikasi transfer uang gratis antar bank asal Indonesia ini masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia 2021 loh.

FLIP yang masuk dalam kategori Finance & VC ini didirikan oleh Rafi Putra Arriyan yang menjabat sebagai CEO bersama dengan kedua temannya.

Dikutip dari Forbes, ketiga orang yang berasal dari perguruan tinggi yang sama ini memulai Flip pada 2015 untuk mentransfer dana satu sama lain dengan biaya yang sangat rendah.

Flip kemudian berkembang menjadi aplikasi keuangan lengkap yang memungkinkan individu dan bisnis untuk mentransfer dana dari bank ke bank tanpa biaya.

Digunakan oleh jutaan orang Indonesia, kesuksesan Flip telah menarik dana dari Sequoia India dan Insignia Venture Partners Singapura.

Lalu bagaimana cara membuat akun di aplikasi Flip?

1. Download aplikasi Flip di Play Store atau AppStore.
2. Buka aplikasi Flip.
3. Pilih Buat Akun.
4. Masukkan nama lengkap, Email dan password yang ingin Anda gunakan.
5. Masukan nomor HP yang aktif atau terdaftar di WhatsApp.
6. Lalu klik “Buat Akun Flip”
7. Kemudian lakukan verifikasi nomor Hp dengan memilih dua metode pengiriman kode verifikasi melalui sms atau via whatsApp.
8. Apabila kode verifikasi telah dikirim, input kode verifikasinya di aplikasi.
9. Setelah akunnya terverifikasi Anda sudah bisa menggunakan layanan kirim uang dengan limit nominal akumulasi hingga Rp500.000 serta pembelian pulsa/paket data/listrik PLN.

Cara transfer uang antar-bank melalui aplikasi Flip?

1. Buka aplikasi Flip.
2. . Klik tombol “Kirim Uang Gratis”.
3. Pilih bank tujuan transaksi.
4. Lalu masukkan nomor rekening tujuan.
5. Kemudian verifikasi nomor rekening tujuan dengan klik “CEK NAMA”.
6. Pastikan nomor rekening dan nama tujuan yang muncul sudah benar.
7. Lalu klik Lanjut.
8. Masukkan nominal transfer dan berita transfer (minimal nominal transaksi.
9. . Klik Lanjut.
10. Pastikan setiap data transaksi pengiriman uang yang akan dilakukan sudah benar dengan perhatikan halaman review transaksi.
11. Apabila data sudah benar, maka pilih “LANJUT KE PENGIRIMAN” untuk melanjutkan proses pembuatan transaksi.
12. Pilih Bank Pengirim yang Anda gunakan.
13. Konfirmasi Transaksi.

Pada halaman ini, terdapat tampilan detail transaksi yang dibuat.
Rekening atas nama PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi adalah rekening Flip.
ATM/internet/mobile banking sebesar nominal+kode uniknya.
14. Setelah transfer, kemudian klik tombol “SAYA SUDAH TRANSFER”.
15. Pastikan nama rekening yang digunakan saat transfer sama dengan nama akunnya serta dana Anda sudah terdebit ke rekening Flip.
16. Jika sudah dipastikan sesuai silakan klik tombol “SUDAH”. Waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi umumnya adalah 10 menit.
17. Apabila transaksi telah berhasil diproses, Flip akan menampilkan bukti transfer dan mengirimkan detail transaksinya ke email yang didaftarkan.

Sudah paham dong? Silakan mencoba. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.