UMKM

Toko Kelontong Masa Kini Ya SRC, Mau Tahu Keunggulannya?

BISNISBANTEN.COM – Pernah melihat warung atau toko yang dipasangi spanduk panjang bertuliskan SRC. Ini sebenarnya apa sih? Cari tahu yuk.

Ternyata SRC adalah toko kelontong masa kini yang tergabung dalam program kemitraan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS). Keberadaan SRC ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM toko kelontong melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan.

Dilengkapi ekosistem digital AYO SRC, program ini memberikan kemudahan bagi pemilik Toko Kelontong SRC untuk bersaing di era transformasi digital. Selain itu memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan bagi pelanggan SRC.

Advertisement

Tidak hanya di satu provinsi, SRC hadir di seluruh wilayah Indonesia loh. Berdasarkan data internal kuartal 3 tahun 2021 di situs resmi SRC, lebih dari 150.000 SRC tersebar di 34 provinsi. Ajib gak tuh. Saat ini ada 6.000 paguyuban SRC. Banyak juga ya.

Kalau ditanya kenapa harus berbelanja ke SRC? Ini jawabannya. SRC punya prinsip dekat, hemat, bersahabat, dan lengkap.

Dekat. SRC hadir di tengah masyarakat untuk memudahkan berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Hemat. Dengan konsep toko kelontong, satuan pembelian produk di Toko Kelontong SRC lebih variatif dengan harga yang bersaing.

Advertisement

Bersahabat. Pemilik Toko Kelontong SRC yang selalu siap menjadi sahabat berbelanja dengan pelayanan hangat dan ramah.

Lengkap. Selalu berusaha memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan mulai dari kebutuhan pokok hingga produk digital meliputi pembayaran PLN, PDAM, pulsa, internet, dan lain-lain.

SRC juga punya nilai lebih loh. Dengan berbelanja ke Toko Kelontong SRC, turut menjaga keberlangsungan toko kelontong dan mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia.

Sekadar tahu nih, toko kelontong masa kini terbesar seperti ini menjadi salah satu solusi di tengah iklim usaha yang sedang tidak menentu. Untuk bertahan dan terus sukses di masa penuh tantangan ini, usaha ritel sembako perlu jeli melihat peluang.

Hal ini berlaku bagi pengusaha ritel sembako kecil maupun menengah seperti toko kelontong dan grosir. Bergabung bersama SRC membuka berbagai peluang tersebut.

Saat ini SRC menyediakan dua program pendampingan usaha secara berkelanjutan, yaitu program Mitra SRC bagi pedagang grosir dan Toko SRC bagi para pelaku usaha toko kelontong.

Mitra SRC mendapat bimbingan cara menata toko kelontong supaya rapi, bersih, dan terang. Selain itu ada Pojok Bayar yang menyediakan berbagai produk digital untuk pelanggan, mulai dari token listrik, pulsa, dan lain-lain.

Ada juga Pojok Lokal atau rak khusus yang didedikasikan untuk para UMKM di sekitar Toko SRC untuk menjual produk usaha mereka, mulai dari makanan ringan, kerajinan tangan dan produk khas lokal lainnya.

Sekadar tahu, sudah lebih dari 100 tahun, banyak pemilik rumah telah menyulap ruang kecil di depan rumahnya untuk berjualan kecil-kecilan. Namun seiring perkembangan zaman, popularitas toko kelontong mulai tergerus dengan adanya minimarket atau toko swalayan. Kemajuan teknologi pun membuat toko kelontong makin jarang dilirik masyarakat, dan alhasil, pendapatan pemilik toko kelontong pun berkurang.

Mendukung kesejahteraan toko kelontong, pada 9 Mei 2008 PT SRC IS mulai mendirikan SRC ini. SRC hadir untuk mendampingi dan turut membawa semua pelaku perdagangan tradisional Indonesia untuk terus berkembang di era ekonomi digital, dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM.

Awalnya, SRC menggandeng 57 toko kelontong sederhana di Kota Medan untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Melalui semangat kebersamaan, SRC pun menjadi Komunitas Toko Kelontong Masa Kini terbesar dengan lebih dari 130.000 toko kelontong yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. (Hilal)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.