Keuangan

Tingkatkan Produktivitas, BI Bantu untuk UMKM Banten

BISNISBANTEN.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada 18 UMKM di Banten. Seremoni penyerahan dilakukan pada Rabu (30/12). Program ini sebagai bentuk kepedulian untuk mendukung upaya peningkatan produktifitas UMKM di Banten.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja mengungkapkan, bantuan kepada UMKM dapat mendorong peningkatan skala usaha, akses pasar, dan pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“UMKM yang memperoleh bantuan PSBI tersebut bergerak pada bidang usaha yang beragam, mulai dari kuliner, fashion, kerajinan tangan, serta pariwisata,” katanya.

Ia menyampaikan, di era digital seperti pentingnya UMKM untuk bertransformasi antara lain melalui QRIS. Pada berbagai episode krisis tersebut, salah satu sektor yang terbukti mampu bertahan dan bahkan menjadi tumpuan dalam meredam dampak krisis terhadap kehidupan masyarakat adalah sektor UMKM. “Selain menunjukkan daya tahannya terhadap krisis, peran UMKM di Indonesia juga memiliki kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif,” katanya.

Ia mengungkapkan, setidaknya terdapat tiga peran penting UMKM, yaitu sarana memeratakan tingkat perekonomian, mengentaskan kemiskinan dan sumber pemasukan devisa bagi negara.
Mengingat peran strategis sektor UMKM tersebut, pemerintah maupun lembaga lainnya memiliki berbagai program untuk mendorong perekonomian dengan salah satunya menyasar UMKM, seperti stimulus pembiayaan, akses pasar melalui e-commerce, serta bantuan sosial kepada pelaku UMKM.

“Upaya Bank Indonesia dalam mendorong peningkatan peran UMKM dilaksanakan melalui berbagai program, salah satunya adalah melalui pemberian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Peningkatan Kapasitas Ekonomi (PKE) dan UMKM. Dikesempatan akhir semester II Tahun 2020,” katanya.


Ia berharap, bantuan PSBI dapat dimanfaatkan secara optimal dan juga berharap langkah sinergitas antara Bank Indonesia dengan pelaku usaha serta pemerintah daerah maupun pihak lainnya dapat terus terjalin erat untuk memajukan UMKM di Provinsi Banten. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com