Banten24

Tingkatkan Literasi, Dindikbud Gelar Sosialisasi Jurnalistik ke Pelajar SMP se-Kota Cilegon

BISNISBANTEN.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Cilegon menggelar Sosialisasi Jurnalistik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Cilegon, di Aula SMPN 5, Kecamatan Cibeber, Senin (20/11/2023).

Kepala Seksi (Kasi) SMP Dindikbud Cilegon Ruhandi mengatakan, sebanyak 153 siswa dari 51 SMP baik negeri maupun swasta mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini bagian dari upaya kami untuk meningkatkan literasi siswa SMP terhadap dunia jurnalistik,” kata Ruhandi.

Advertisement

Ruhandi berharap setelah sosialisasi mengenai jurnalistik, para siswa bisa mengelola majalah dinding (dindik). “Selain itu, siswa juga diharap bisa lebih bersikap cerdas sehingga bisa menangkal hoak. Bisa menyaring berita mana yang benar dan tidak,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Cilegon Heni Anita Susila mengaku mendukung kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa sehingga  meningkatkan teknik menulis bagi anak-anak sekolah.

“Di sekolah kan masih ada mading. Mudah-mudahan para pengurus mading di sekolah bisa menularkan ilmunya ke teman-temannya di sekolah. Menjadikan informasi yang ada dijadikan pemberitaan yang menarik di madingnya,” kata Heni.

Di era digital, kata Heni, siswa bisa saja membuat konten-konten menarik sehingga bisa menghasilkan uang dari media sosial. Tapi, sosialisasi jurnalistik kali ini bukan untuk itu tujuannya.

Advertisement

“Kita ingin bagaimana siswa bisa membuat tulisan yang baik. Bisa mendapat pengetahuan soal jurnalistik. Kegiatan ini erat hubungannya dengan literasi. Jurnalistik ini tidak bisa dianggap sepele, tapi penting untuk menyosialisasikan program-program pemerintah Kota Cilegon,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Dindikbud Cilegon menghadirkan sejumlah pembicara. Antara lain CEO Berita Cilegon Online (BCO) Fauzi Al-Barra,  Dewan Pengawas Radio Mandiri FM Cilegon M Ibnu Marhas, serta salah seorang wartawan Willip Online Rahmat. (dik)

Advertisement
LANJUT BACA

Muhammad Siddik

Wartawan bisnisbanten.com