Lifestyle

Terungkap Sering Ceritakan Kehidupannya, Sandra Dewi Disebut Miss Humble Bragging, Merendah untuk Meroket?

BISNISBANTEN.COM – Setelah kasus korupsi suaminya viral di media sosial, belakangan kehidupan Sandra Dewi dikuliti.

Terungkap bahwa sebelum suaminya tertangkap, Sandra Dewi sering mengisi acara podcast dan menceritakan tentang kehidupannya.

Dalam setiap obrolannya Sandra Dewi terlihat rendah hati namun terselip sebuah pencapaian dalam hidupnya yang ia ucapkan. Hal tersebutlah yang kemudian disebut netizen sebagai Humble Bragging.

Advertisement

“Sandra Dewi the real yg dimaksud humble bragging,” kata salah satu netizen. Lantas apa sih yang dimaksud humble bragging itu? Dan benarkah Sandra Dewi melakukannya?

Humble bragging adalah fenomena di mana seseorang secara tidak langsung memamerkan pencapaian atau keberhasilannya sambil mencoba untuk tetap terlihat rendah hati atau merendahkan dirinya sendiri.

Ini sering terjadi dalam percakapan sehari-hari, media sosial, atau bahkan dalam karya-karya seni seperti film atau musik.

Ketika dilakukan dengan baik, humble bragging dapat membantu seseorang mempertahankan citra positif tanpa terlihat sombong atau angkuh.

Advertisement

Sebagai salah satu selebriti terkenal di Indonesia, Sandra Dewi memang seolah membranding dirinya sebagai seorang yang selalu menjaga kesederhanaan dalam meraih kesuksesan.

Meskipun memiliki banyak pencapaian, Sandra Dewi tetap memilih untuk tidak terlalu mencolok dalam memamerkannya.

Sebaliknya, dia cenderung lebih fokus pada bagaimana pengalaman dan keberhasilannya dapat menjadi inspirasi bagi orang lain. Namun, orang lain jadi tahu apa saja pencapaian dan apa saja yang dimilikinya dari kalimat dalam percakapannya atau postingan media sosialnya yang menunjukkan itu baik dalam bentuk lisan atau pun tulisan.

Contohnya, dalam media sosialnya, Sandra Dewi sering membagikan momen-momen kehidupan sehari-harinya yang sederhana, seperti menghabiskan waktu bersama keluarga, berolahraga, atau melakukan kegiatan positif lainnya.

Meskipun memiliki akses ke gaya hidup mewah dan gemerlap, dia tetap setia pada nilai-nilai kesederhanaan dan kerja keras.

Ada banyak hal dari Sandra Dewi yang sedang disoroti, salah satunya ialah pernyataaannya yang mengatakan bahwa sang suami terlalu banyak mengeluarkan dana untuk beramal.

“Kan suka ada yang minta kerjaan, kadang ada rumah sakit yang minta bantuan. Dia itu suka kasih banyak, aku tuh kadang suka kaget, banyak banget, besok kita makan apa,” kata Sandra Dewi.

Selain itu, Sandra Dewi juga sering keluhkan hidupnya seperti mengeluhkan bentuk tubuh yang padahal tidak ada masalah, mengaku harus hidup irit hingga keluhkan jenuhnya jadi ibu rumah tangga yang dasteran tiap hari dan ingin seperti orang lain.

Orang yang melakukan humble bragging atau merendah untuk meroket biasanya untuk meningkatkan kepercayaan diri, membuat orang lain terkesan, atau bahkan untuk mendapatkan penghargaan.

Meskipun bukan sikap yang berbahaya, namun perilaku humble bragging sebaiknya dihindari. Sebab hal ini dapat menyebabkan rasa tidak suka dari orang lain karena sering dianggap pamer terselubung. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA