TeknologiYoungpreneur

Tangkap Peluang Kebutuhan Penggunaan Internet Hemat Melalui WiFi Merakyat

BISNISBANTEN. COM – Kebutuhan kuota internet mewabah ke segala usia. Bukan hanya kalangan kantoran dan sekolah untuk menyelesaikan setumpuk tugas, tapi juga untuk hiburan sehari-hari, baik dalam bentuk akses video di YouTube, medsos, bahkan game online.

Peluang inilah yang ditangkap Tomi Ibnu Mas’ud. Melihat warga di sekitar rumah yang membutuhkan kuota internet dengan harga terjangkau, Tomi membuka jasa penyedia voucer internet per jam yang dinamai WiFi Merakyat.

Usaha ini diakui Tomi sudah dirintis sejak akhir 2021.

Advertisement

“Idenya dari tetangga ngajakin bisnis ini, yaudah langsung dieksekusi aja,” jelas Zetizen Icon Berbakat 2017 ini.

WiFi Merakyat ini semula berada di satu lokasi, yakni di rumah Tomi di kawasan Karangantu, Kota Serang. Seiring berjalannya waktu, banyak yang merespons. Sehingga akhirnya dibuka di lokasi lain.

Sampai saat ini WiFi Merakyat sudah ada di 11 lokasi. “Tapi semuanya masih ada di desa yang sama,” tutur Tomi.

Diakui Tomi, pada mulanya pelanggan usaha jasa yang disediakannya adalah anak-anak. Namun saat ini merambah kes segala usia, baik bapak-bapak maupun ibu-ibu.

Advertisement

Sistem akses kuota WiFi Merakyat ini menggunakan voucer yang dijual sangat hemat. Namun memiliki batas waktu dalam hitungan jam.

Untuk memulai usaha ini, imbuh Tomi, yang utama adalah jaringan internet. Jaringan yang stabil sangat dibutuhkan untuk memberikan layanan yang prima.

“Kendala menjalankan usaha ini kalau jaringan lagi ngelag,” tutup Tomi. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.