Entertainment

Tanda-tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi yang Harus Diketahui

BISNISBANTEN.COM – Kekurangan cairan atau dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi.

Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti cuaca panas, aktivitas fisik yang berlebihan, atau penyakit.

Dehidrasi bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan benar. Mengenali tanda-tanda tubuh kekurangan cairan adalah langkah pertama untuk menjaga kesehatan Anda.

Advertisement

Dengan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik, Anda dapat menjaga fungsi organ dan sistem tubuh tetap optimal.

Pastikan untuk selalu minum cukup air dan memperhatikan kebutuhan cairan tubuh Anda setiap hari. Mengenali tanda-tanda tubuh yang kekurangan cairan sangat penting untuk mencegah dehidrasi yang lebih serius.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa tubuh Anda mungkin kekurangan cairan:

1. Mulut Kering dan Rasa Haus yang Berlebihan

Mulut kering adalah tanda awal dehidrasi. Ketika tubuh tidak memiliki cukup cairan, produksi air liur berkurang, menyebabkan mulut kering. Rasa haus yang berlebihan juga merupakan indikator bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak air.

Advertisement

2. Urine Berwarna Gelap

Urine yang sehat biasanya berwarna kuning pucat. Jika tubuh kekurangan cairan, urine akan menjadi lebih pekat dan berwarna kuning gelap atau oranye. Selain itu, frekuensi buang air kecil juga akan berkurang.

3. Kulit Kering dan Tidak Elastis

Kulit yang kurang elastis dan tampak kering bisa menjadi tanda dehidrasi. Anda dapat melakukan tes dengan mencubit kulit di bagian belakang tangan Anda; jika kulit tidak segera kembali ke posisi semula, itu bisa menjadi tanda kekurangan cairan.

4. Sakit Kepala

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala karena berkurangnya volume darah dan oksigen yang mencapai otak. Kurangnya cairan juga dapat mempengaruhi elektrolit dalam tubuh, yang dapat memicu sakit kepala.

5. Kelelahan dan Lemas

Ketika tubuh kekurangan cairan, aliran darah dan oksigen ke otot dan organ berkurang, menyebabkan kelelahan dan rasa lemas. Dehidrasi juga dapat mempengaruhi konsentrasi dan fokus.

6. Pusing dan Pingsan

Pusing atau bahkan pingsan bisa terjadi jika dehidrasi menyebabkan tekanan darah rendah. Ini karena tubuh tidak memiliki cukup cairan untuk menjaga volume darah yang cukup.

7. Bibir Pecah-pecah

Bibir pecah-pecah dan kering adalah tanda lain bahwa tubuh Anda membutuhkan lebih banyak cairan. Ini sering disertai dengan mulut kering dan rasa haus.

8. Detak Jantung Cepat

Dehidrasi dapat menyebabkan detak jantung menjadi cepat dan tidak teratur. Ini karena tubuh bekerja lebih keras untuk menjaga aliran darah dan oksigen ke organ vital.

9. Kesulitan Berpikir Jernih

Dehudrasi dapat mempengaruhi fungsi otak, menyebabkan kesulitan berpikir jernih, kebingungan, atau penurunan daya ingat.

Cara Mengatasi Dehidrasi

– Minum Air Secukupnya

Pastikan Anda minum air yang cukup setiap hari, terutama saat cuaca panas atau saat beraktivitas fisik.

– Konsumsi Makanan yang Mengandung Air

Makanan seperti buah-buahan dan sayuran (misalnya semangka, mentimun, dan jeruk) memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat membantu menjaga hidrasi.

– Hindari Minuman Berkafein dan Beralkohol

Minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi karena sifat diuretiknya.

– Perhatikan Kondisi Tubuh

Jika Anda merasa salah satu tanda di atas, segera minum air dan perhatikan asupan cairan Anda. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA