HomeProperti

Tahun Ini, Tidak Ada Kenaikan Harga Rumah Subsidi

BISNISBANTEN.COM — Tahun ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menetapkan tidak ada kenaikan harga rumah subsidi. Ada beberapa alasan PUPR tidak menaikkan harga rumah antara daya beli masyarakat masih rendah, pandemi covid-19 masih berlangsung, dan inflasi juga rendah. Ini diungkapkan Ketua REI Provinsi Banten Roni Hadiriyanto Adali saat dihubungi Bisnisbanten.com.

“Harga rumah subsidi pada 2021 ini sama seperti tahun 2020 lalu,” katanya.

Untuk harga rumah subsidi sendiri yakni Rp150.500.000 untuk daerah Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak. Sementara di Tangerang Raya, harga rumah subsidi mencapai Rp168 jutaan.

Menurutnya, pengurus REI di daerah dari seluruh Indonesia sebenarnya sudah mengusulkan terkait harga rumah subsidi 2021 yang disampaikan ke REI pusat agar diteruskan ke Kementerian PUPR. “Sekarang sudah ada keputusan tidak ada kenaikan rumah subsidi,” tuturnya.


Meskipun tahun ini tidak ada kenaikan, REI meminta pemerintah melalui PUPR untuk mempercepat proses realisasi akad kredit agar cash flow dari para pengembang tetap berjalan. “Alhamdulillah, hingga saat ini sudah ada proses yang berjalan,” katanya. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com