Entertainment

Sejumlah Manfaat Susu Pasteurisasi untuk Kesehatan

BISNISBANTEN.COM – Di antara berbagai jenis susu yang tersedia, susu pasteurisasi sering menjadi pilihan utama karena proses pasteurisasi meningkatkan keamanan dan kualitas gizi susu.

Susu pasteurisasi menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan, mulai dari peningkatan keamanan pangan hingga pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi.

Dengan berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, susu pasteurisasi menjadi pilihan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi oleh semua kalangan.

Advertisement

Menjaga kebiasaan mengonsumsi susu pasteurisasi dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa manfaat konsumsi susu pasteurisasi:

1. Keamanan Pangan Terjamin

Proses pasteurisasi melibatkan pemanasan susu pada suhu tertentu untuk membunuh patogen berbahaya seperti bakteri, virus, dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit. Dengan mengonsumsi susu pasteurisasi, Anda dapat merasa lebih aman dari risiko kontaminasi mikroba yang sering ditemukan dalam susu mentah.

2. Kaya Nutrisi

Advertisement

Susu pasteurisasi mempertahankan sebagian besar nutrisi penting yang terdapat dalam susu mentah. Susu ini kaya akan protein, vitamin (seperti vitamin A, D, dan B12), serta mineral penting seperti kalsium, fosfor, dan magnesium. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Mendukung Kesehatan Tulang

Susu pasteurisasi mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi susu secara rutin membantu dalam pencegahan osteoporosis dan menjaga kekuatan serta kepadatan tulang, terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan orang dewasa yang memerlukan pemeliharaan tulang.

4. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Selain kalsium, susu juga mengandung fosfor dan kasein yang membantu melindungi enamel gigi. Konsumsi susu pasteurisasi dapat mengurangi risiko kerusakan gigi dan mendukung kesehatan mulut secara keseluruhan.

5. Sumber Energi

Susu pasteurisasi merupakan sumber energi yang baik karena mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Ketiga komponen ini berperan penting dalam menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Minum susu di pagi hari bisa menjadi cara yang baik untuk memulai hari dengan energi yang cukup.

6. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Susu pasteurisasi mengandung berbagai vitamin dan mineral yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin A, vitamin D, dan zinc yang ada dalam susu berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dan mampu melawan infeksi.

7. Membantu Pembentukan dan Pemeliharaan Otot

Protein dalam susu pasteurisasi, terutama kasein dan whey, membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan otot. Bagi atlet atau orang yang aktif secara fisik, mengonsumsi susu pasteurisasi dapat membantu pemulihan otot dan meningkatkan massa otot.

8. Mendukung Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu pasteurisasi dalam jumlah yang wajar dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kalsium dan kalium dalam susu membantu dalam mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA