Banten24UMKM

Sanuji Dorong Pelaku UMKM di Cilegon Miliki Perizinan HKI

BISNISBANTEN.COM – Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Cilegon memiliki perizinan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dinilai penting sebagai bentuk legalitas atas merek produk yang dihasilkan.

Demikian disampaikan Sanuji saat berkunjung ke Warung Bakso Barokah di Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon milik pedagang bernama Dwi Maryanto pada peogram Rabu UMKM yang digalakkan Dinas Koperasi (Dinkop) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Cilegon di Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Rabu (8/3/2023).

“Bakso Barokah ini NIB (Nomor Induk Berusaha)-nya sudah ada, halal juga sudah ada, meskipun halalnya harus diperpanjang karena sudah kelewat masanya. Jadi, tinggal kita dorong merek dagangnya sehingga mereka memiliki hak paten berupa perizinan HKI,” terang Sanuji.

Advertisement

Menurut Sanuji, HKI penting dimiliki pelaku UMKM untuk melindungi eksistensi merek melalui badan hukum. Selain HKI, Sanuji juga mendorong agar pelaku UMKM memanfaatkan pemasaran melalui digital.

“Semua perizinan sangat penting. Makanya, harus semua dimiliki, mulai NIB, Halal, dan HKI. Untuk mengembangkan usaha, pelaku UMKM harus bisa beradaptasi lewat digital mempromosikan usahanya,” saran Sanuji.

Sementara itu, Kepala Dinkop dan UKM Cilegon Agus Ubaidillah menambahkan, pihaknya saat ini sedang fokus tiga hal, yakni kelembagaan, sisi pemasaran, dan permodalan.

Advertisement

“Makanya melalui peogram Rabu UMKM ini, selain untuk memotivasi, kita juga ingin memastikan para UMKM secara kelembagaannya lengkap, dan kita cari solusi jika terdapat keluhan yang dialami pelaku UMKM,” katanya. (dik/zai)

Advertisement
LANJUT BACA

Muhammad Siddik

Wartawan bisnisbanten.com