Properti

REI Banten Minta Pengembang Segera Serahkan Fasum Perumahan

BISNISBANTEN.COM — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Realestate Indonesia (REI) Banten meminta pengembang perumahan untuk segera menyerahkan Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) kepada pemerintah daerah agar dibuatkan sertifikat. Ini diungkapkan Ketua REI Banten Roni Hadiriyanto Adali, Selasa (24/11).

Menurutnya, penyerahan PSU ini merupakan hal penting bagi pengembang agar kedepan bisa menjadi tanggung jawab pemda setempat. Penyerahan PSU ini dilindungi undang-undang sehingga perlu dilakukan. “Penyerahan PSU ini tidak harus kawasan pemukiman sampai selesai, tetapi bisa bertahap atau parsial,” tuturnya.

Ia menuturkan, saat ini, PSU juga dimonitoring oleh KPK sehingga jika terjadi sesuatu akan menjadi tanggung jawab pemda setempat. Beberapa PSU yang diserahkan antara lain jalan, penerangan umum, ruang terbuka hijau, saluran, dan pemakaman.

Pada Senin (23/11), sekitar 10 pengembang di Kota Serang menyerahkan PSU kepada Pemkot Serang yang diterima langsung Walikota Serang Syafrudin. Sementara pada Selasa (24/11), pemda di Banten mendapatkan sertifikat PSU dari pemerintah pusat. Acara ini dihadiri Gubernur Banten, Ketua KPK, dan kepala daerah se-Banten.

Ia menilai, saat ini, keberadaan PSU akan lebih dimonotiring oleh KPK sehingga jika terjadi kerusakaan pada PSU tersebut, akan dilakukan perbaikan pemda setempat. Sementara, jika pengembang tersebut sudah tidak ada maka warga perumahan bisa bersama-sama menyerahkan PSU kepada pemda setempat. “Jadi kalau ada jalan rusak dan lainnya, pemda yang perbaiki,” katanya. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com