Asuransi

Ragam Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

BISNISBANTEN.COM — Mari mengenal beragam jenis asuransi jiwa agar kamu tidak salah dalam memilih proteksi yang sesuai kebutuhan. Simak selengkapnya di sini!

Banyak dari kita pasti sudah menyadari pentingnya memiliki asuransi jiwa. Apalagi setelah melalui masa pandemi nyaris dua tahun, kamu pasti menyadari betapa hidup seseorang tidak akan pernah lepas dari intaian risiko kematian.

Tidak berhenti di situ, kematian juga bisa memunculkan risiko lain, yaitu terganggunya kondisi keuangan keluarga yang ditinggalkan.

Advertisement

Nah, risiko yang terakhir ini yang bisa dikelola dengan memiliki proteksi berupa asuransi jiwa. Tetapi, banyaknya asuransi jiwa yang ditawarkan terkadang membuat kita menjadi bingung untuk memilih produk apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, sebelum membeli asuransi jiwa, ada baiknya kita memahami ragam dari asuransi jiwa beserta manfaat yang ditawarkan. Yuk simak penjelasan berikut.

A. Asuransi jiwa tanpa Nilai Investasi

Produk ini disebut asuransi jiwa tanpa Nilai Investasi karena biasanya tersedia Manfaat Asuransi jiwa selama Masa Asuransi tertentu. Asuransi jiwa tanpa Nilai Investasi juga merupakan bentuk asuransi jiwa yang paling sederhana. Sehingga, asuransi ini kerap disebut asuransi jiwa murni.

Advertisement

Berikut contoh beberapa ragam asuransi jiwa tanpa Nilai Investasi:

1. Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance adalah asuransi jiwa yang memberikan Masa Asuransi dalam jangka waktu tertentu. Jika Tertanggung meninggal dunia dalam Masa Asuransi dan Polis masih aktif, maka Penerima Manfaat – umumnya keluarga yang ditinggalkan – akan menerima Uang Pertanggungan (UP) sesuai yang tercantum dalam Polis. Biasanya tersedia pilihan jumlah Premi dengan minimal nominal yang terjangkau sesuai kebutuhan.

2. Asuransi jiwa dwiguna

Asuransi jiwa ini memberikan manfaat ganda, baik Manfaat Asuransi jiwa dan jaminan pembayaran nilai tunai terjadwal. Produk asuransi jenis ini biasanya memiliki fitur produk sebagai solusi dana pendidikan anak, dana pensiun kelak ataupun dana Ibadah Haji/Umroh.

3. Asuransi jiwa kredit

Contoh asuransi jiwa murni sekaligus berjangka yang sering kita temui adalah asuransi jiwa yang menyertai kesepakatan kredit seperti KTA atau KPR. Asuransi jiwa ini disebut juga asuransi jiwa kredit yang biasanya harus dimiliki sebagai salah satu syarat pengajuan pembiayaan oleh Debitur kepada Bank.

Asuransi jiwa kredit termasuk asuransi murni karena hanya memberikan manfaat sederhana, yakni penggantian nilai saldo terutang jika Tertanggung meninggal dunia selama Masa Asuransi sesuai tenor masa pembayaran cicilan kredit.

Sehingga, jika risiko meninggal dunia terjadi dan utang kredit belum lunas, maka keluarga yang ditinggalkan tidak akan dibebankan oleh cicilan utang, karena perusahaan asuransi akan melunasi sisa saldo terutang tersebut.

B. Asuransi jiwa dengan Nilai Investasi

Sesuai dengan namanya, asuransi jiwa jenis ini tidak hanya menawarkan Manfaat Asuransi, tetapi juga Manfaat Investasi, yaitu:

1. Asuransi jiwa unit link

Asuransi jiwa unit link merupakan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI). Di samping menawarkan Manfaat Asuransi, asuransi jiwa unit link juga menawarkan potensi Nilai Investasi secara jangka Panjang dan tidak dijamin nilainya. Potensi Nilai Investasi yang terbentuk tergantung pada kinerja pilihan Dana Investasi sesuai profil risiko nasabah dan risiko pasar. Itu sebabnya, Nilai Investasi pada asuransi jiwa unit link dapat berpotensi naik turun berdasarkan pasar modal.

Di asuransi jiwa unit link biasanya tersedia pilihan Pertanggungan Tambahan sesuai kebutuhan perlindungan nasabah, contohnya manfaat penyakit kritis, manfaat penggantian biaya rawat inap dan bedah di RS, dll.

Dengan penjelasan di atas, semoga kini kamu sudah lebih memahami ragam asuransi jiwa ini, berikut manfaat yang ditawarkan. Jadi, kamu akan lebih mudah memilih asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan perlindunganmu. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com