Perbankan

Peserta PWD Bank Indonesia Kunjungi Museum Bank Indonesia

bisnisbanten.com sebagai media informasi bisnis dan ekonomi di Banten turut mengikuti city tour PWD ke Museum Bank Indonesia bersama 14 media lainnya di Banten

BISNISBANTEN.COM – Bank Indonesia pusat mengajak para wartawan peserta Pelatihan Wartawan Daerah (PWD) Bank Indonesia 2017 untuk melakukan city tour keliling Ibu Kota Jakarta.

Salah satu lokasi kunjungan adalah Museum Bank Indonesia yang berada di kompleks Kota Tua Jakarta.

bisnisbanten.com sebagai media informasi bisnis dan ekonomi di Banten turut mengikuti city tour PWD ke Museum Bank Indonesia bersama 14 media lainnya di Banten, serta ratusan perserta PWD Bank Indonesia dari berbagai provinsi.

Advertisement

Salah satu Pimpinan Museum Bank Indonesia, Yiyok T. Herlambang mengatakan, setiap hari tidak kurang dari 1000 pengunjung mendatangi Museum Bank Indonesia.

Di Museum Bank Indonesia, kata Yiyok, pengunjung disuguhkan replika sejarah penjajah di indonesia hingga era kemerdekaan.

“Tentu yang tidak ketinggalan di museum Bank Indonesia adalah pengunjung memasuki ruangan sejarah mata uang di Indonesia, baik uang kertas maupun koin. Mulai dari katagori uang kerajaan di Nusantara, uang di masa kolonial, lalu uang pada masa awal kemerdekaan RI, uang pemerintah dan Bank Indonesia, serta mata uang asing luar negeri,” ujarnya kepada para wartawan, Selasa (21/11).

Ada juga uang Token, yang dikhususkan untuk pembayaran transaksi khusus di wilayah perkebunan di masa Hindia Belanda. Lalu ada Uang Khusus, meliputi uang khusus peringatan dan dan uang bersambung yang dicetak terbatas hanya untuk para kolektor, tetapi masih bisa menjadi alat pembayaran yang sah. (AHR/NUA)

Advertisement

Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA