Regulasi

Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III di Banten Lebih Tinggi dari Nasional

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada Triwulan III juga tercatat lebih tinggi dibandingkan nasional yang tumbuh sebesar 5,06 persen.

BISNISBANTEN.COM – Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Banten pada Triwulan III 2017 tumbuh sebesar yakni 5,62 persen (yoy). Relasi pertumbuhan ekonomi Banten tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan II 2017 yang berada di angka 5,46 persen (yoy).

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada Triwulan III juga tercatat lebih tinggi dibandingkan nasional yang tumbuh sebesar 5,06 persen (yoy), dan merupakan tertinggi kedua setelah DKI Jakarta dibandingkan provinsi lainnya di kawasan Pulau Jawa.

Hal tersebut diungkapkan Pj. Kepala Kantor Perwakilan (Kanwil) Bank Indonesia Provinsi Banten, Achris Sarwani pada Konferensi pers Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Banten di ruang rapat Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten.

Advertisement

“Berdasarkan sisi pengeluaran, pertumbuhan Banten ini terutama ditopang oleh pertumbuhan pada investasi dan ekspor. Di sisi lain, pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan pemerintah belum pulih,” ujar Achris, Jumat (8/22).

Dirinya melanjutkan, sementara berdasarkan sisi penawaran, pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten ditopang oleh lapangan usaha utama seperti industri konstruksi, Transportasi, perdagangan, dan pengolahan. (AHR/NUA)


Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA