Lifestyle

Perbedaan dan Contoh Makanan antara Omega-3, Omega-6, Omega-9

BISNISBANTEN.COM – Selama ini kita sering mendengar istilah omega-3, omega-6, omega-9 namun tak jarang yang belum mengetahui arti dan manfaatnya. Omega-3, omega-6, dan omega-9 adalah jenis asam lemak yang penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Meskipun semuanya disebut omega, masing-masing memiliki peran yang berbeda dalam fungsi tubuh.

1. Omega-3

Advertisement

Omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang ditemukan dalam makanan seperti ikan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Manfaat utamanya termasuk mendukung fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan mendukung kesehatan kulit. Contoh makanan yang kaya akan omega-3 meliputi salmon, tuna, sarden, chia seeds, dan kenari.

2. Omega-6

Omega-6 adalah jenis asam lemak esensial yang ditemukan dalam minyak nabati seperti minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari. Meskipun omega-6 penting untuk kesehatan, konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan kronis dan masalah kesehatan lainnya. Contoh makanan yang mengandung omega-6 termasuk minyak nabati, kacang-kacangan, dan biji bunga matahari.

3. Omega-9

Advertisement

Omega-9 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang paling banyak ditemukan dalam minyak zaitun, minyak kenari, dan minyak alpukat. Omega-9 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mendukung kesehatan jantung, dan mengurangi peradangan. Contoh makanan yang kaya akan omega-9 meliputi alpukat, minyak zaitun, almond, dan kacang-kacangan.

Manfaat Asam Lemak Omega dan Contoh Makanan

1. Kesehatan Jantung

Omega-3 membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi pembekuan darah. Contohnya adalah salmon, sarden, dan chia seeds. Omega-9 dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak zaitun dan almond adalah contoh makanan yang kaya akan omega-9.

2. Kesehatan Otak

Omega-3, terutama DHA (asam docosahexaenoic), penting untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif yang optimal. Ikan berlemak seperti salmon dan sarden merupakan sumber yang baik dari omega-3 ini.

3. Peradangan

Kedua omega-3 dan omega-9 memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Makanan seperti alpukat, minyak zaitun, dan ikan berlemak membantu mengurangi peradangan.

Menyertakan berbagai sumber asam lemak omega dalam pola makan seimbang dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan Anda. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA