Info Travel

Naik-naik Dahulu, Senang-senang Kemudian, Bukit Gede Sayar Semenyenangkan Itu!

BISNISBANTEN.COM – Bukit satu ini bukan destinasi baru. Berada di ketinggian di Kota Serang, ini dia Bukit Gede Sayar.

Sesuai dengan namanya, bukit yang terbentuk dari batu ini memiliki ukuran besar alias besar. Perlu usaha dan tenaga untuk mendaki sampai di puncak batu gede.Tracking hanya 7-10 menit.

Area menanjak berupa medan bebatuan yang cukup curam, perlu kehati-hatian. Namun setelah sampai, dari ketinggian bisa melihat pemandangan, sawah terhampar dan pemukiman penduduk. Semilir angin yang berhembus, terasa menenangkan.

Advertisement

Ini adalah tempat yang cocok untuk melepas penat dari hiruk-pikuk urusan duniawi. Pastikan datang ke tempat ini bukan pada siang hari, panas. Disarankan ke sini pagi hari, melihat ke bawah, bentangan sawah yang hijau saat musim tanam dan udara yang segar menjadi kepuasan tersendiri.

Taman Wisata Batu Gede Sayar berada di Kampung Batu Gede, Kelurahan Sayar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten. Batu gede ini berada di ketinggian sekitar 150 mdpl dan berjarak lebih kurang 7 km dari pusat kota.

Batu gede ini berada di perkampungan dengan penunjuk lokasi yang terbatas. Jika menggunakan mobil, hati-hati karena jalannya kecil. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua.

Advertisement

Bukit batu yang berada di sana dijadikan objek wisata oleh masyarakat sekitar karena memiliki daya tarik berupa singkapan batuan alami dan panorama perbukitan hijau.

Pada sisi bukit, terdapat tebing dengan singkapan yang menjadi asal nama “Batu Gede”. Batuan yang tersingkap berupa basal piroksen terbentuk akibat aktivitas vulkanisme Kuarter gunung berapi Payung dan Gedor yang berada di barat daya pada kala Pleistosen.

Tebingnya memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan menghadap ke arah lembah di timur. Dari puncak bukit, terlihat pemandangan area persawahan pada lembah dan rangkaian perbukitan.

Di area puncak batu gede, ada ayunan di atas tempat duduk. Tidak ada warung di atas bukit. Memang fasilitas di atas bukit Batu Gede belum begitu banyak, sebab bukit Batu Gede ini masih dibiarkan alami.

Untuk sampai ke tempat ini, harus ditempuh dengan berjalan kaki. Sepeda motor dititipkan di lahan parkir sempit milik warga. Oh ya, tersedia pula jalur panjat tebing yang dapat dimanfaatkan dengan peralatan khusus. Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan gowesser.

Tempat ini juga kerap dijadikan lokasi syuting komunitas film atau pelajar dan mahasiswa untuk tugas sekolah dan kuliah.

Ya, Batu Gede Sayar dapat menjadi pilihan tepat untuk menikmati keindahan Kota Serang dari ketinggian. Berani coba? (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.