Lifestyle

Mustika Rasa, Buku Resep Warisan Kuliner Indonesia Ini Sejarahnya!

BISNISBANTEN.COM – Indonesia selain memiliki sejarah yang masih melekat akan hari kemerdekaan yang dipimpin oleh Bapak Proklamasi Ir Soekarno.

Tak hanya menjadi Bapak Proklamasi, Presiden Soekarno rupanya meninggalkan warisan berharga berupa Resep pusaka nenek moyang yang diabadikan dalam sebuah buku.

Informasi tersebut dilansir dari dari laman resmi Perpustakaan Nasional RI dan sejumlah sumber lainnya, Bung Karno meninggalkan suatu warisan buku resep masakan nusantara. Buku tersebut berjudul Mustika Rasa yang diterbitkan pada 1967.

Advertisement

Usut punya usut, Ide membuat buku itu rupanya berawal dari tugas Bung Karno setelah Indonesia merdeka yakni mengkampanyekan kesatuan dalam kedaulatan dan kebhinekaan. Salah satunya dengan kuliner nusantara.

Seperti yang kita ketahui Indonesia begitu kaya dalam bidang kuliner namun tak pernah didokumentasikan secara nasional.

Walaupun pada zaman kolonial Pemerintah Hindia Belanda pernah meluncurkan buku Groot Nieuw Volledig Oost-Indisch Kookboek karya JMJ Catenius van der Meyden (1902), buku itu bukan diproduksi maupun ditujukan untuk orang Indonesia.

Buku tersebut merangkum 1.300 kuliner di Hindia Belanda, yang diperuntukkan untuk perempuan Belanda. Barulah pada 1961, Bung Karno mengutus salah satu istrinya, Hartini untuk merangkum buku Mustika Rasa dan sempat diterbitkan pada 1967 oleh Departemen Pertanian.

Advertisement

Dalam buku tersebut, terdapat lebih dari 1.600 resep yang dicatat. Di dalam buku ini, terdapat berbagai resep dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk resep makanan yang dianggap tabu oleh sebagian masyarakat Indonesia, seperti penggunaan daging babi dan darah yang dianggap haram untuk masyarakat Muslim.

Buku yang memiliki tebal 1.123 halaman ini terdiri dari sembilan bagian yang mengupas kekayaan kuliner Indonesia. Perinciannya adalah sebagai berikut:

Bagian 1 Mejelaskan yang berkaitan dengan masakan. Selanjutnya, pada bagian 2 menjelaskan makanan pokok,
bagian 3 tentang lauk pauk basah berkuah, sedangkan bagian 4 berisikan tentang lauk pauk basah namun tidak berkuah.

Pada bagian 5 berisikan lauk gorengan, bagian 6 lauk bakar, bagian 7 aneka sambal, bagian 8 Aneka jajanan dan bagian 9 berisikan resep minuman.

Nah, itu dia penjelasan sejarah lahirnya buku Mustika Rasa. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA