Mobil

Mobil Pakai Bahan Bakar Gas, Lebih Hemat Mana dengan BBM?

BISNISBANTEN.COM Memilih memakai Bahan Bakar Gas (BBG) pada kendaraan menjadi salah satu solusi terbaik jika Anda ingin beralih dari Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebab, ada banyak alasan mengapa bahan bakar gas lebih hemat dibandingkan BBM.

Meski pemerintah telah memastikan menjaga stabilitas perekonomian Indonesia dengan tidak menaikkan harga BBM di tengah harga minyak dunia yang meningkat dan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS melemah. Namun, kondisi itu tidak bisa dipastikan akan bertahan berapa lama.

Anda bisa memilih alternatif lain jika tidak ingin bergantung pada pemakaian BBM. Untuk itu, bahan bakar gas menjadi salah satu pilihan terbaiknya.

Advertisement

Selain harga jualnya yang lebih murah dibandingkan BBM tipe terendah, seperti Pertalite, Indonesia juga diketahui memiliki pasokan gas bumi yang cukup melimpah.

Untuk itu, Roojai, penyedia asuransi online di Indonesia yang berizin resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan apa saja kelebihan memakai BBG untuk kendaraan.

Alasan Mengapa Bahan Bakar Gas Lebih Baik

Mobil berbahan bakar gas adalah kendaraan yang menggunakan campuran gas alam dan propane sebagai bahan bakar utamanya. Bahan bakar gas ini kemudian diubah menjadi energi yang digunakan untuk menggerakkan mesin mobil.

Advertisement

Selain itu, mobil berbahan bakar gas juga dapat menggunakan campuran gas alam dan biogas. Yaitu, tergantung pada ketersediaan dan preferensi pengguna kendaraan masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa BBG lebih tepat dipilih untuk kendaraan:

Lebih irit dibandingkan pakai BBM

Salah satu alasan utama mengapa orang beralih ke mobil berbahan bakar gas adalah efisiensinya yang lebih tinggi dibandingkan memakai bahan bakar konvensional seperti Pertalite atau solar.

Dalam hal penghematan, mobil berbahan bakar gas menawarkan keunggulan yang signifikan. Dibandingkan dengan bahan bakar konvensional, biaya penggunaan gas alam atau propane jauh lebih murah. Dengan biaya bahan bakar yang lebih rendah, Anda dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

Perbandingan dengan BBM dan jarak tempuhnya

Saat mempertimbangkan segi hematnya, penting untuk Anda membandingkan mobil berbahan bakar gas dengan kendaraan berbahan bakar konvensional. Meski harga gas alam dan propane bisa berfluktuasi, secara umum harga BBG jauh lebih stabil daripada Pertalite atau solar.

Selain itu, ada perbedaan dalam efisiensi konsumsi bahan bakar antara mobil berbahan bakar gas dan kendaraan berbahan bensin. Mobil berbahan bakar gas cenderung memiliki jarak tempuh yang lebih jauh di setiap pengisiannya.

Itu berarti, Anda tidak hanya menghemat uang di setiap proses pengisian, tetapi juga mengurangi frekuensi kunjungan ke pompa bensin.

Mengurangi emisi gas buang

Bahan bakar gas juga dikenal lebih bersih dibandingkan bensin atau solar. Itu berarti, memakai BBG bisa membantu Anda mengurangi emisi yang merugikan lingkungan.

Lindungi dengan Asuransi Mobil

Setelah memutuskan mengganti bahan bakar ke BBG, dana yang seharusnya dikeluarkan untuk membeli bahan bakar bisa dialihkan pada kebutuhan lain yang urgent. Salah satunya, melengkapi kendaraan dengan asuransi mobil.

Saat Anda memiliki kendaraan, keamanan dan perlindungan dari risiko tak terduga menjadi hal  penting diperhatikan. Salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah melengkapi kendaraan dengan asuransi mobil.

Di antara jenis proteksi kendaraan lainnya, asuransi mobil All Risk menjadi pilihan paling tepat. Sebab, proteksi ini memberi perlindungan terluas untuk kendaraan mulai dari kerusakan ringan hingga total akibat kecelakaan, pencurian, kebakaran, hingga bencana alam, membuatnya menjadi pilihan yang lebih komprehensif dan menguntungkan. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com