Info Travel

Menyeberang ke Pulau Pahawang, yang Penting Hati Senang

BISNISBANTEN.COM – Pulau satu ini ada di provinsi tetangga Banten yakni Lampung. Butuh menyeberang dua kali untuk mencapai ke tempat ini, yakni dari Merak ke Bakauheni, Lampung, dan setelah sampai di Lampung menyeberang lagi ke Pulau Pahawang.

Pulau Pahawang berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pulau yang berada di Teluk Lampung ini memiliki pesona tidak kalah menarik dari objek lainnya. Tidaklah heran kalau Pahawang kerap disertakan dalam setiap penawaran paket wisata di Lampung.

Pulau ini terkenal dengan keindahan pantai dan panorama bawah laut juga hutan mangrovenya dan pantai pasir putih yang panjang. Tak hanya diakui wisatawan setempat tapi juga senusantara.

Advertisement

Pulau seluas 1,084 ha ini dihuni lebih dari 400 kepala keluarga. Di sini sudah terdapat fasilitas umum seperti sekolah dan puskesmas. Pulau ini lah yang biasa dikunjungi wisatawan dari luar kota maupun dalam kota

Pantai pasir yang memanjang akan timbul seperti pulau pasir di Pahawang Lunik atau Pahawang Kecil bila sedang surut. Pulau Pahawang Kecil memiliki luas 13 hektar. Konon pulau ini dimiliki warga negara asing, sehingga pulau yang ini tidak dapat dikunjungi wisatawan secara bebas.

Untuk bisa sampai ke pulau, tidak memerlukan waktu berhari-hari, jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Bandar Lampung. Kalau lancar, hanya membutuhkan sekitar dua jam. Bahkan jika tidak ingin menginap, bisa dilalukan sehari.

Advertisement

Perjalanan ke Pahawang, dimulai dengan menyeberang dari Dermaga Ketapang. Banyak perahu yang bisa disewa.

Perjalanan menuju pulau menjadi bagian dari wisata menyenangkan. Apalagi dilakukan menjelang matahari tengelam. Pemandangan matahari terbenam menjadi pengalaman mengesankan.

Untuk memasuki pulau pahawang Lampung bisa menggunakan perahu biayanya sekitar Rp30.000. Sementara untuk sewa snorkeling sekitar Rp50.000 dan menyewa penginapan di pulau Pahawang sekitar Rp500.000 yang dapat digunakan hingga sembilan orang.

Tetapi, bagi traveler backpacker dapat ke lokasi pulau Pahawang Lampung ini dengan harga sekitar Rp200.000 (tanpa makan, minum, dan keperluan lain). Bisa juga dapat menggunakan jasa paket wisata pulau Pahawang yang telah disediakan yang berharga sekitar Rp450.000.

Pada 2010, masih sedikit wisatawan yang datang ke sini. Namun saat ini sebelum pandemi bisa ribuan wisatawan yang dalam satu hari.

Seperti halnya Maldives, Pahawang tak kalah memesona. Pantai yang indah, pepohonan nyiur, menghiasi penginapan di tepi pantai yang bisa ditemukan di berbagai penjuru pulau. Bahkan ada cottage yang berada di atas laut. Terdapat sedikitnya 15 homestay dan 10 cottage.

Daya tarik Pulau Pahawang antara lain keindahan bawah laut, jernihnya air, indahnya biota laut, dan terumbu-terumbu karang. Tidak heran jika paket trip Pahawang diisi snorkeling dari satu spot ke spot lain. Di bawah laut, ada spot bertuliskan Pahawang Indah. Ini biasa dijadikan lokasi foto. Selain itu ada juga becak, sepeda, dan lainnya. Spot bawah laut lain yakni Wisata Taman Nemo Lampung.

Keindahan terumbu karang dan ikan laut bisa dilihat hanya beberapa meter dari pinggir pantai. Kumpulan ikan warna-warni begitu dekat saat menyelami pantai Pahawang.

Di sini juga kerap ditemukan ikan badut atau clown fish bewarna putih dengan corak bewarna oranye. Orang-orang mengenalnya ikan Nemo, sesuai karakter kartun ikan di film Disney berjudul Finding Nemo. Selain putih orange juga ada warna dan corak lain di sini.

Jenis ikan lain yang masih ada di pulau, seperti ikan nyongyong hitam dan kuning, ikan batok biru, ikan tempala, dan ikan naso. Nama ikan dan terumbu karang ini yang biasa digunakan masyarakat Pahawang.

Beberapa jenis terumbu karang yang ada di pulau ini adalah karang jahe, karang kapur, karang otak, karang nanas, karang anemon, dan karang seroja.

Paket trip berkunjung ke Pahawang biasanya tidak hanya menyelam tapi juga mengunjungi pulau-pulau. Selain pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil, juga ada pulau lain yang berdekatan yakni Pulau Kelagian Besar dan Kelagian Kecil.

Tertarik datang ke sini? (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.