Ramadan

Menu Sahur yang Baik untuk Kesehatan agar Tetap Bugar Jalani Puasa

BISNISBANTEN.COM – Puasa membutuhkan perencanaan makanan yang baik untuk menjaga energi dan kesehatan selama hari-hari panjang tanpa makanan dan minuman.

Saat sahur, memilih makanan yang tepat dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap bugar dan terhidrasi sepanjang hari.

Berikut adalah beberapa pilihan menu sahur sehat yang dapat membantu Anda menjalani puasa dengan nyaman dan penuh vitalitas:

Advertisement

1. Menu Makanan yang Tinggi Serat

Mulailah sahur dengan makanan tinggi serat seperti oatmeal, sereal gandum utuh, atau roti gandum. Serat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah tetap stabil selama puasa.

2. Protein Seimbang

Pastikan untuk menyertakan sumber protein dalam sahur Anda seperti telur rebus, ikan, ayam tanpa kulit, atau kacang-kacangan. Protein membantu memperbaiki dan membangun kembali jaringan tubuh yang mungkin rusak selama hari puasa.

Advertisement

3. Buah dan Sayuran Segar

Sertakan buah-buahan segar dan sayuran dalam menu sahur Anda untuk asupan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting. Buah-buahan seperti kurma, pisang, dan jeruk memberikan energi yang cepat dan mengandung air untuk menjaga hidrasi tubuh.

4. Minum Banyak Air

Jangan lupa untuk minum banyak air selama sahur untuk mencegah dehidrasi selama puasa. Hindari minuman berkafein dan berkarbonasi yang dapat menyebabkan dehidrasi. Air adalah sumber hidrasi terbaik untuk tubuh Anda.

5. Hindari Makanan Berlemak dan Berat

Pilih makanan yang ringan dan mudah dicerna untuk menghindari rasa kembung atau ketidaknyamanan perut selama puasa. Hindari makanan berlemak dan berat yang dapat membuat Anda merasa lelah dan lesu.

6. Suplemen Tambahan

Jika diperlukan, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter Anda untuk mempertimbangkan penggunaan suplemen seperti suplemen multivitamin atau asam lemak omega-3 untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Dengan memperhatikan jenis makanan dan pola makan yang tepat saat sahur, Anda dapat menjaga kesehatan selama bulan puasa. Selalu ingat untuk mengonsumsi makanan seimbang yang memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk tetap bugar dan aktif sepanjang hari. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA