Ramadan

Macam-macam Jenis Kurma dari Ajwa Hingga Sukari dan Manfaatnya yang Harus Diketahui

BISNISBANTEN.COM – Kurma adalah buah yang kaya akan gizi dan memiliki beragam jenis, masing-masing dengan karakteristik dan manfaat kesehatan yang unik.

Buah kurma juga merupakan buah yang paling identik dengan Ramadan, dimana buah ini biasanya sangat banyak ditemui untuk cemilan buka puasa atau pun sahur. Berikut adalah beberapa jenis kurma yang populer dan manfaatnya bagi kesehatan:

1. Kurma Medjool

Advertisement

Kurma Medjool dikenal sebagai “ratu kurma” karena ukurannya yang besar, dagingnya yang lembut, dan rasa manisnya yang khas. Kurma jenis ini kaya akan serat, sehingga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, Medjol juga tinggi akan kalium, yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan tekanan darah.

2. Kurma Deglet Nour

Kurma ini memiliki tekstur yang agak kering dan rasa manis yang halus. Mengandung zat besi yang tinggi, baik untuk mencegah anemia dan meningkatkan energi juga mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan memperlambat penuaan.

3. Kurma Ajwa

Advertisement

Kurma Ajwa berasal dari Madinah dan memiliki warna gelap dengan rasa yang manis dan sedikit asam. Kurma Ajwa memiliki manfaat yang dipercaya memiliki sifat penyembuhan yang kuat dan digunakan dalam pengobatan tradisional Islam untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Mengandung nutrisi penting seperti magnesium dan kalsium, yang baik untuk tulang dan otot.

4. Kurma Sukari

Kurma Sukari memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang karamel. Kaya akan antioksidan, yang membantu melawan peradangan dan penyakit degeneratif. Mengandung vitamin B kompleks, yang penting untuk metabolisme energi dan fungsi saraf yang sehat.

5. Kurma Barhi

Kurma Barhi memiliki rasa manis yang khas dan tekstur yang agak renyah. Mengandung vitamin A, yang baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Tinggi akan serat larut, membantu menjaga kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes.

6. Kurma Khudri

Kurma Khudri memiliki daging yang kenyal dengan rasa manis yang kuat. Kaya akan vitamin K, yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Mengandung fosfor, yang esensial untuk metabolisme energi dan fungsi otak yang optimal.

Setiap jenis kurma memiliki keunikan dan manfaatnya sendiri bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi berbagai jenis kurma, Anda dapat memperoleh nutrisi penting serta menikmati rasa manis alami dan khasiat dari setiap kurma yang ditawarkan. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA