Info Bisnis

Lima Manfaat Keberadaan Pasar Modal yang Harus Anda Ketahui

 

BISNISBANTEN.COM – Pasar Modal adalah sebuah pasar atau instrumen keuangan yang memperjual belikan surat-surat berharga, berupa obligasi dan equitas atau saham untuk jangka panjang yang diterbitkan oleh pemerintah, maupun perusahaan swasta, dan kegiatannya dilaksanakan di bursa dimana tempat bertemunya para pialang yang mewakili investor.

Tahukah Anda apa saja manfaat Pasar Modal? Bagi Anda yang masih belum mengetahui secara detail apa saja manfaat Pasar Modal, Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Perwakilan Serang, Achmad Dirgantara akan menerangkannya satu persatu, terkait lima manfaat keberadaan Pasar Modal:

Advertisement

1. Sebagai Sumber Pembiayaan

Menurut Dirgantara, Pasar Modal bermanfaat sebagai salah satu sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi perusahaan dalam mengembangkan usahanya.

2. Sebagai Wahana Investasi

Selain bermanfaat sebagai Sumber Pembiayaan, Pasar Modal juga bermanfaat sebagai wahana investasi bagi para Investor yang ingin berinvestasi di aset keuangan.

3. Penyebaran Kepemilikan Perusahaan

Manfaat Pasar Modal yang ketiga adalah sebagai tempat penyebaran kepemilikan perusahaan kepada masyarakat.

4. Keterbukaan dan Profesionalisme

Manfaat Pasar Modal yang keempat adalah sebagai salah satu industri yang sangat terbuka, dan menjunjung tinggi profesionalisme sehingga akan terdorong terciptanya iklim usaha yang sehat.

Advertisement

5. Lapangan Pekerjaan

Manfaat Pasar Modal yang terakhir, adalah menciptakan lapangan kerja atau Profesi bagi masyarakat, baik sebagai pelaku pasar maupun investor.

Itulah kelima manfaat keberadaan Pasar Modal yang kini telah Anda ketahui. (AHR/NUA)


Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA