SyariahTips Travel

Kurban Online, Sahkah?

BISNISBANTEN.COM — Hari raya Idul Adha tinggal menunggu hitungan hari. Bila ingin berkurban namun tidak punya waktu, membeli hewan kurban secara online bisa jadi solusi.

Cukup lewat ponsel atau gawai kesayangan, dalam beberapa klik kita bisa memilih hewan kurban yang paling sesuai dengan kocek kita. Belum lagi untuk membayarnya tidak perlu bertatap muka dengan pedagang atau peternak. Waktu dan usaha yang kita keluarkan bisa jauh lebih hemat dibandingkan membelinya secara langsung.

Meski demikian, tidak semua orang familiar dengan sistem pembelian kurban secara online. Masyarakat pun masih terbiasa membeli kambing, sapi bahkan unta kurban secara langsung di peternak atau pedagang di pasar hewan. Selain itu, dari sisi hukum agama masih terdapat silang pendapat di antara ahli agama mengenai sah atau tidaknya berkurban secara online.

Advertisement

Seperti keterangan dari ustad Ammi Nur Baits, alumni Madinah International University, pada laman Konsultasisyariah.com, menurutnya berkurban secara online sebenarnya membuat sejumlah sunah tidak terlaksana. Di antaranya dzikir kepada Allah ketika menyembelih hewan, turut menyaksikan penyembelihan, memakan sebagian dagingnya, serta mengetahui kapan waktu penyembelihan.

Sementara, ada pendapat lain yang mengatakan membeli kurban online sah karena tidak ada aturan yang secara jelas melarang umat untuk mengirim hasil kurban ke daerah lain. Ahmad Fauzi Qoshim, Manajer Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa), seperti dikutip dari dompetdhuafa.org dalam salah satu keterangannya membolehkan kurban secara online.

[irp posts=”902″ name=”Wow, Dompet Dhuafa Luncurkan Program Kurban Plus-Plus, Seperti Apa?”]

Menurutnya, dari sisi ijab kobul, kurban online dapat dikatakan sah lantaran bebas dari unsur penipuan dan ada kejelasan mengenai spesifikasi barang yang dijual karena menyertakan gambar, ukuran serta sifat-sifat lain dari barang yang dijual. Selain itu, dalam kurban online, orang juga bisa memilih lokasi distribusi.

Perkembangan zaman yang pesat juga membuat sejumlah lembaga pengelola kurban melakukan inovasi, seperti yang fasilitas kurban online yang diluncurkan oleh Dompet Dhuafa cabang Banten.

Advertisement

Melalui lawan web kurban.ddbanten.org, lembaga filantropi tersebut menawarkan kemudahan berkurban untuk masyarakat.

“Zaman sudah berubah. Semua informasi dapat diakses dari genggaman tangan, termasuk informasi kurban dan transaksinya,” ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman saat dihubungi bisnisbanten.com, Senin (29/8/2017).

Bagaimana, apakah Anda sudah memilih hewan kurban tahun ini? Mau secara konvensional atau via online, pilihan ada di tangan Anda. (ammar/red)

Advertisement
LANJUT BACA

Setiawan Chogah

CEO dezainin.com dan founder dezain.institute. Seorang microblogger yang kerap mengulas topik pengembangan diri dan tips keuangan di Instagram @setiawanchogah.