Banten24

Kodim 0602/Serang Siap Bantu Pemda Tangani Sampah

BISNISBANTEN.COM — Komando Distrik Militer (Kodim) 0602/Serang menggelar acara Silaturahim bersama Aparat Pemerintah Daerah dan Human Resource Dwvelopment (HRD) perusahaan di Aula Kodim 0602/Serang, Jumat (3/3/2023). Maksud dari pertemuan itu, jajaran TNI ingin menyinergikan program, terutama pengelolaan sampah, selain mengkoordinasikan peran TNI dengan aparat pemerintah daerah dan perusahaan tentang keamanan wilayah.

Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo mengatakan, kegiatan merupakan salah satu program yang sedang dijalankan oleh Kodim 0602/Serang terkait komunikasi sosial untuk menciptakan sinergitas tiap elemen. Menurut Fajar, pilar-pilar sinergitas penting untuk membangun Kota maupun Kabupaten.

“Tentu saja pemerintah daerah tidak bisa membangun dengan efek maksimal ketika aspek yang lain itu tidak mau ikut dalam berperan aktif,” ujarnya.

Advertisement

Fajar juga meminta seluruh perusahaan untuk berperan aktif ikut membantu pemerintah daerah sehingga tercipta koordinasi satu sama lain.

“Ayo kita kelola sampah dan kita efektifkan koordinasi, sehingga jika terjadi permasalahan-permasalahan yang muncul bisa segera diatasi, termasuk unjuk rasa,” ajaknya.

Fajar berharap, pertemuan dengan Pemda dan perusahaan semakin membentuk komunikasi intens. Pihaknya memfasilitasi itu untuk mengefektifkan koordinasi membangun kota dan kabupaten.

“Saya harapkan komunikasi ini terbentuk dan menghasilkan komunikasi-komunikasi lainnya bisa disampaikan,” harapnya.

Advertisement

Sementara itu, Asisten Daerah (Asda) I Pemkot Serang Subagyo yang hadir mewakili Pemkot Serang menyambut baik niat Kodim 0602/Serang untuk membantu pemerintah daerah terkait pengelolaan sampah. Kata Subagyo, ada inovasi dari Pangdam untuk mesin pengelola dan pencacah sampah untuk meminimalisasi tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Cilowong.

“Kita juga sudah membentuk TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle) yang ada di tiap kecamatan” ungkapnya.

Subagyo berharap, inovasi tersebut mampu mambantu program pemerintah mengurangi tumpukan sampah di TPAS Cilowong.

“Mudah-mudahan dengan keberadaan alat itu bisa membantu di TPS3R mengolah sampah, sehingga mengurangi timbunan sampah yang ada di TPAS Cilowong,” harapnya. (eko/zai)

Advertisement
LANJUT BACA