Info Bisnis

Ketua Umum IWAPI Nita Yudi Ditunjuk Jadi Ketua AWEN Periode 2021-2023

BISNISBANTEN.COM — Ketua Umum DPP Ikatan Wanita Indonesia Nita Yudi ditunjuk sebagai Ketua ASEAN Women Entrepreneur Network (AWEN) periode 2021-2023. Upacara serah terima sendiri handover chairmanshop AWEN dilakukan pada Senin, 24 Mei 2021. Serah terima ini dari Thailand sebagai ketua periode sebelumnya kepada Indonesia yang akan menjadi ketua periode selama 2 tahun ke depan.

Acara serah terima ini di kawal dua kementerian, yakni Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) serta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Masing-masing menteri memberikan sambutannya pada acara tersebut.

Nita Yudi dilantik sebagai AWEN Chairman dengan disaksikan oleh 10 negara anggota ASEAN. AWEN beranggotakan perempuan pengusaha dari seluruh negara ASEAN. AWEN dibentuk untuk mewadahi komunitas ekonomi di negara-negara ASEAN.

Advertisement

AWEN pertama kali didirikan di Vietnam pada 22 April 2014 dengan fokus kepada pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pembentukan jejaring perempuan pengusaha di seluruh ASEAN.

Nita Yudi merupakan Chairman AWEN yang ke-4 setelah Vietnam, Filipina, dan Thailand. Sebagai focal point Indonesia untuk isu gender, IWAPI yang telah mengikuti sejak awal terbentuknya AWEN mendapat kehormatan untuk menjadi Chairman periode 2021-2023.

Di bawah kepemimpinan AWEN Thailand, kerangka acuan AWEN dalam menangani tujuh bidang fokus, yaitu Digitalization, Financial Inclusion, Re-skilling, Sustainability, Information Sharing, Women’s Leadership, dan Environmental Issues. (susi)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com