Perbankan

Kepala BI Banten Paparkan Tiga Kunci Sukses UMKM


BISNISBANTEN.COM — Mengawali rangkaian KKB 2020, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menggelar seminar daring (web-seminar atau webinar) bekerja sama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) pada 10 Agustus 2020. Webinar dibuka dengan sambutan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja.

Menurutnya, terdapat tiga butir key findings dalam penguatan UMKM kedepan. Pertama, penting bagi pelaku UMKM menjalankan usaha dengan orientasi bisnis yang kuat agar usaha mandiri dan tangguh. Kedua, perlunya peningkatan kapasitas SDM yang menguasai teknologi dan selalu inovatif agar bisnis yang dijalankan memiliki daya saing, baik dari aspek branding, promosi, akses dan networking.


Ia menambahkan, poin ketiga, aspek pembiayaan dimana UMKM memerlukan dukungan pembiayaan yang disesuaikan dengan skala pertumbuhannya. Dukungan industri jasa keuangan mutlak diperlukan, tidak hanya financing tapi juga pendampingan agar usaha UMKM dapat tumbuh sehat. Ketiga hal tersebut dapat menjadi modal bagi umkm untuk sustain dalam bisnis dan menembus pasar global.
“Bank Indonesia juga senantiasa melakukan fasilitasi agar UMKM dapat berkembang menjadi suatu usaha yang produktif dan bankable,” katanya.


Ditengah pemulihan ekonomi dimasa pandemi COVID-19, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus beradaptasi untuk kembali berjaya. Dalam rangka mendorong pertumbuhan UMKM sebagai sumber ekonomi baru, peningkatan digitalisasi UMKM, serta melebarkan akses UMKM di pasar global, Kantor

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menyelenggarakan Karya Kreatif Banten (KKB) 2020 pada 10 – 13 Agustus 2020. Tema “Mewujudkan UMKM yang inovatif dan berdaya saing global melalui digitalisasi UMKM” dengan tagline “GO BEYOND UMKM BANTEN”.

Pada KKB 2020, peserta berkesempatan mengikuti seminar daring (web seminar atau webinar), pameran dagang daring (expo online), dan business matching. Kegiatan webinar menjadi dialog pengembangan UMKM antara pemerintah, Bank Indonesia, aplikasi e-commerce, dan pelaku UMKM. (susi)




Tinggalkan Komentar

Advertisement
Baca Selengkapnya

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com