Keuangan

Kanwil DJP Banten Lantik 517 Relawan Pajak 

BISNISBANTEN.COM — Bulan Maret sudah semakin dekat. Waktunya perhelatan tahunan akbar Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dimulai. Seperti tahun-tahun sebelumnya, DJP memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk terlibat aktif dalam perhelatan akbar tersebut. Hal ini diawali dengan dilantiknya 417 Relawan Pajak dari kalangan mahasiswa dan 90 Relawan Pajak non-mahasiswa se-Provinsi Banten.

Relawan Pajak adalah seseorang yang secara sukarela menyumbangkan waktu, tenaga, pikiran, dan keahliannya untuk berperan aktif dalam kegiatan edukasi perpajakan.

Program relawan pajak dilaksanakan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak serta mendorong implementasi pelibatan pihak ketiga dalam kegiatan penyuluhan perpajakan.

Advertisement

Menjelang batas akhir pelaporan SPT Tahunan, relawan pajak bersama para petugas pajak bekerja bahu membahu mengedukasi masyarakat dan membantu wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban pelaporan SPT Tahunannya. Yang berhasil dilantik sebagai relawan pajak adalah tokoh masyarakat, para dosen, serta mahasiswa pilihan yang telah melalui proses seleksi yang sangat ketat, mulai pendaftaran, pelatihan hingga ujian.

Para relawan pajak Kanwil DJP Banten dikukuhkan secara langsung oleh Kepala Kanwil DJP Banten Dionysius Lucas Hendrawan secara virtual melalui aplikasi zoom cloud meeting yang dihadiri oleh seluruh pengurus tax center dan mahasiswa di Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Lucas berharap keberadaan relawan pajak tidak hanya untuk membantu wajib pajak melaporkan SPT Tahunannya, melainkan nantinya dapat memberi kontribusi aktif dan positif dalam mengubah perilaku wajib pajak menjadi lebih taat dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Ditunjuk tiga perwakilan mahasiswa dan 3 perwakilan non-mahasiswa dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang secara simbolis dikalungi name-tag relawan pajak oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Suherna. Pengalungan name tag ini menandakan resminya program relawan pajak dilaksanakan. Relawan-relawan pajak itu kemudian akan bertugas di kantor-kantor pelayanan pajak untuk memberikan asistensi pengisian SPT Tahunan baik secara langsung maupun online.

Advertisement

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Tax Center Universitas Pamulang yang telah melakukan kinerja terbaik selama tahun 2021 dengan mengadakan banyak kegiatan tax center secara mandiri dan membuat banyak program bersama Kanwil DJP Banten. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com