Regulasi

Jelang Natal dan Tahun Baru, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Gelar Rakor Bersama Stakeholder di Banten

Bulog akan melakukan gerakan stabilisasi pangan yang menjual pangan pokoknya ke beberapa wilayah, dan itu juga akan membantu untuk lebih menjaga harga di wilayah Banten.

BISNISBANTEN.COM – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayati melakukan rapat koordinasi (Rakor) bersama stakeholder terkait di wilayah Banten, dalam rangka menjaga ketersediaan stok/pasokan dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok menjelang natal 2017 dan tahun baru 2018.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten telah meninjau ke Pasar Induk Rau, Serang pada pagi tadi.

Ia mengungkapkan, tradisi panjang mulud cukup menyita beberapa pangan pokok di wilayah Serang dan sekitarnya. “Memang tadi di pasar Rau, yang sehat, beras premium itu di bawah harga beras premium yang Rp12.800 di sana dijual sekitar Rp12.000 sampai Rp11.500, ya tapi beras medium karena kemarin banyak digunakan untuk panjang mulud jadi agak keliatannya agak berkurangnya,” ujar Tjahya saat memberikan keterangan pers kepada media, Kamis (7/12).

Advertisement

Tjahya melanjutkan, pihaknya telah meminta Bulog untuk melakukan operasi pasar, namun dirinya meminta agar operasi pasar tersebut diharapkan tidak dilakukan di depan pasar karena akan dianggap bersaing dengan para pedagang yang ada didalamnya.

“Ini (Operasi pasar) mungkin bisa di depan masjid atau di depan gereja atau di perumahan-perumahan sehingga langsung kepada konsumen. Yang selain operasi pasar mungkin juga dapat kami tambahkan juga belum mempunyai suatu gerakan stabilisasi pangan yang jadi dengan menggunakan truk-truk kecil atau pick up yang tertutup,” imbau Tjahya.

Menurutnya, Bulog akan melakukan gerakan stabilisasi pangan yang menjual pangan pokoknya ke beberapa wilayah, dan itu juga akan membantu untuk lebih Menjaga harga di wilayah Banten. (AHR/NUA)


Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA