Banten24

Jelang Idul Adha, Harga Pangan Diprediksi Relatif Stabil

BISNISBANTEN.COM – Harga sejumlah komoditas pangan di Kota Serang saat ini relatif stabil. Hal itu berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional dan diprediksi akan terus stabil.

Menurut data PHIPS Nasional pada Jumat (10/8), dua komoditas pangan yakni cabai merah keriting dan cabai rawit hijau naik 0,91 persen dari harga sebelumnya Rp33,100 menjadi Rp33,400.

Sedangkan tiga komoditas pangan ini mengalami penurunan, yakni minyak goreng curah turun 0,92 persen dari harga sebelumnya Rp10,700 menjadi Rp10,800, bawang putih ukuran sedang turun 0,37 persen dari harga sebelumnya Rp26,550 menjadi Rp26,650, dan cabai rawit merah turun 0,57 persen dari harga sebelumnya Rp43,350 menjadi Rp43,600.

Advertisement

Harga komoditas lain seperti beras kualitas super II, minyak goreng kemasan bermerk I dan II, daging sapi kualitas I dan II, gula pasir kualitas premium serta gula pasir lokal mengalami kenaikan harga yang stabil.

Menurut Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Kota Serang Ahmad Banbela mengatakan, harga pangan di Kota Serang relatif stabil. Meskipun jika dilihat di daerah lain mengalami penurunan dan kenaikan yang tajam, di Kota Serang tetap stabil.

“Kalau pun harga naik, paling seribu atau dua ribu,” katanya.

Kenaikan tersebut, kata dia, bukan karena pengaruh Hari Raya Idul Adha. Tetapi dari pendistribusian pasokan yang tersendat serta stok yang berkurang. “Cuaca juga bisa mempengaruhi,” paparnya. (SYF)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com