Sosok

IRT Cuma Dasteran Tapi Berpenghasilan? Ini Dia Kiat Ala Owner Aurora Shop

 

BISNISBANTEN.COM — Wanita yang sudah menikah pada umumnya dihadapkan oleh pilihan yang membuat dilema berat. Jadi IRT atau tetap berkarir? Kedengerannya mungkin ini bukan sebuah perkara, tapi bagi wanita yang menghadapi pilihan ini paham betul bagaimana rasanya bingung memilih. Ingin full mengurus rumah tangga, tapi ingin juga punya penghasilan. Ingin bekerja karena terlanjur betah di kantor, punya gaji, tapi kasian anak sering ditinggal kerja. Dilema ini pun dirasakan oleh wanita bernama Bella Narita Sari. Pada akhirnya Bella memutuskan lepas karir kantoran demi mengurus anak dan rumah tangga.
“Ngalamin banget pas baru punya bayi. Biasanya ada kesibukan kerja dan punya penghasilan sendiri, jadi harus ngurus bayi dan minta uang ke suami. Ada rasa gak enak karena itu bukan aku banget,” papar kelahiran Serang, 27 tahun silam ini.

“Sempat stress dan BT, ada kepikiran pengen kerja lagi, tapi gak mungkin karena bagaimana pun anak nomor satu,” lanjut alumni Untirta ini.

Advertisement

Nah, belum lama ini juga dia disibukan oleh usaha yang sedang dilakoninya yakni menjual fashion anak. Sehingga meski jadi IRT, dia tetap punya penghasilan layaknya wanita kantoran. Tentu saja dalam menjalani peran sebagai IRT yang juga pelaku bisnis, dibutuhkan fokus dan manajemen waktu yang tepat.

Pemilik Aurora Shop ini mengatakan, ide awal untuk mulai usaha berawal dari ketertarikan dia mendandani anaknya dengan baju yang lucu-lucu, lalu terpikir untuk menjual fashion anak yang didukung penuh oleh suami.
“Saat itu aku lagi seru banget dandanin anak aku Aurora dengan baju-baju yang lucu. Akhirnya muncul deh ide untuk mulai usaha baju anak. Alhamdulillah lebih menyenangkan dibanding kerja kantoran,” tutur Bella.

Untuk tetap bisa membagi waktu dan tenaga antara keluarga dan usaha, Bella mengatakan keduanya dibutuhkan fokus yang sama. Paling penting menikmati apapun peran yang dilakukan baik ketika mengurus rumah tangga, atau usaha.

“Sebenernya repot atau gak nya jadi IRT sambil bisnis tergantung gimana kita yang jalanin. Biasanya kalo repot itu saat anak lagi rewel sementara aku sibuk. Nah enaknya bisnis itu aku bisa tinggalin bentar kerjaan balesin chat, packing barang, dan lain-lain.” Papar wanita yang hobi masak ini.

Advertisement

“Fokus dulu sama anak. Sampai dia tenang baru lanjut lagi. Kalau di kantor kan gak bisa asal keluar kantor,” lanjutnya.

Bagi Bella, hal penting lain yang bisa membuat enjoy menjalani dua peran adalah dengan melibatkan anak.
“Kita perkenalkan bisnis kita sama anak. Seperti mengatakan, nak… ibu balas chat pembeli dulu yah supaya cepat laku nanti dapat uang buat beli mainan, atau
nak tolong baju ini dilipat ya.. Walaupun salah dan acak-acakan tetep kita kasih pujian supaya dia senang bantu kita, dan dia juga senang sama apa yang kita lakukan.” Cerita Bella yang biasa promo produk melalui sosmed ini.

“Itu yang selalu aku lakuin sama Aurora, jadi ketika aku ajak untuk ke toko atau jualan dia gak BT dan gak ngrasa di duakan,” lanjutnya.

Bella juga mengatakan, siapapun bisa menjalani peran ini, selama ada kemauan dan kita menikmati peran.
“Dimana ada kemauan disitu ada jalan, kala kita udah mantap berbisnis halangan apapun pasti bisa diatasi. Makanya, siapa bilang IRT gak bisa cari uang? Gak perlu pakai baju bagus. Cukup dasteran aja dirumah bisa dapet uang. Bahkan lebih menguntungkan. Ingat kata hadist nabi 9 dari 10 pintu rejeki itu adalah berdagang,” pungkasnya. (NZA)

Advertisement
LANJUT BACA