UMKM

Inilah Tips Cara Bertahan dan Tetap Eksis Bagi Pelaku UMKM Terdampak Covid-19


BISNISBANTEN.COM — Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bekerja sama dengan Diskominfo Provinsi Banten menyelenggarakan webinar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Kegiatan ini mengusung tema “Manfaat Program Pemulihan Bagi Ekonomi Nasional (PEN) Bagi UMKM” dalam rangka sosialisasi covid-19 dan pemulihan perekonomian nasional, Selasa (25/11).


Salah satu narasumber Wawan Murwanto menyampaikan, materi terkait dampak pandemi covid-19 terhadap UMKM yang ada di Provinsi Banten, ada beberapa hal yang disampaikan antara lain data umum UMKM dampak pandemi covid-19 bagi para pengelola UMKM, manfaat PEN Bagi UMKM, digitalisasi UMKM, dan potensi bisnis online di masa pandemi covid-19.


Wawan juga menyampaikan bagaimana cara bertahan dan tetap eksis berkembang dalam menjalankan usaha ketika usaha yang dijalankan terdampak pandemi covid-19. “Tentunya itu adalah sebuah permasalahan yang dialami mayoriyas pelaku UMKM di provinsi Banten.


Menurutnya, yang paling utama ketika usaha sedang hancur atau kolaps mental harus kuat dan siap menghadapi itu semua. Gagal dalam bisnis merupakan hal lumrah. Namun jangan menyerah dan tetap bangkit lagi, selanjutnya pikirkan dan analisis mengapa bisnis yang dijalani menurun. “Memikirkan bagaimana kita bisa mengatasi persoalan tersebut dan kembali bangkit,” tuturnya.

Menurutnya, yang pertama dan paling utama adalah kesiapan mental, dari sisi mentalitas, berbisnis jatuh itu sudah biasa, jatuh sekali wajar. Jatuh dua kali bangkit lagi, jatuh tiga kali ya susah bangkit lagi, lakoni saja. Kalau jatuh tidak apa-apa, tapi setelah itu dipikirkan. “Pertama kenapa kita jatuh, apa yang membuat kita jatuh kita analisis. jangan terlalu lama-lama memikirkan menyesali, segera memikirkan bagaimana kita bangkit, dalami apa persoalan kita tadi,” katanya. (susi)



Advertisement
LANJUT BACA