Keuangan

Ini UMKM dan Peserta Lomba dari BI Banten yang Ikut Festival Ekonomi Syariah Jawa 2020

BISNISBANTEN.COM — Hari ini, Festival Ekonomi Syariah (FESYAR) Jawa 2020 akan resmi dimulai dan digelar pada 5 -10 Oktober 2020. Kegiatan ini dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi syariah di seluruh daerah serta menjaring agen – agen potensial pengembangan ekonomi syariah ke depannya.

Tema yang diangkat dalam Fesyar Jawa 2020 adalah “Akselerasi Peran Ekonomi Syariah Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional”, dengan enam sub cakupan yaitu pemberdayaan ekonomi pesantren, pengelolaan ekonomi daerah berbasis syariah, optimalisasi lslamic Social Finance, pemberdayaan UMKM, penguatan Halal Value Chain dan perluasan implementasi Halal lile Style.

Dengan rangkaian kegiatan Fesyar terdiri dari Sharia Forum yang dilaksanakan dalam bentuk seminar, talkshow, workshop dan business coaching virtual serta Sharia Fair yang akan dilaksanakan dalam bentuk pameran virtual produk dan lasa yang sejalan prinsip syariah. Pada kegiatan FESyar Jawa 2020, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di kawasan Jawa lainnya akan berpartisipasi pada berbagai rangkaian acara FESyar yaitu acara opening ceremony, Sharia Fair Virtual, lomba, seminar, talkshow , workshop dan business Coaching.

Pada FESyar kali ini partisipasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia beserta stakeholder adalah pada Sharia Fair yang akan menghadirkan empat booth virtual UMKM yaitu 2 booth UMKM fashion yakni Aramara Boutique dan Rhamala Hijab. Selain itu, dua booth UMKM Food yakni CV Mitra Mandala produsen Gula Aren dan Orisa Frozen Foocfi, serta 1 booth virtual Masjid Agung di Kawasan Wisata Religi Banten Lama.

Partisipasi Lomba yang terdiri dari lomba Lomba Pesantren Unggulan yang diikuti oleh Pondok Pesantren Al-Mizan, Lebak, Lomba Wirausaha Muda Syariah yang diikuti oleh Buhori pemilik CV. Mitra Mandala yang merupakan produsen gula aren, dan pemilihan Lembaga Ziswaf Unggulan yang diikuti oleh Lazis Bumi, Pandeglang.

Partisipasi berikutnya adalah partisipasi pada acara talkshow, yang mengangkat berbagai tema terkait Halal Value Chain dan Halal Life Style. Pada dua acara talkshow, dengan tema “Kupas Tuntas Ragam Investasi Syariah” pada 9 Oktober 2020 pukul 09.00-12.00 WIB dan Talkshow dengan tema “Gaya Hidup Sehat Alami dan Halal” pada 10 Oktober 2020 pukul 10.30-11.30 WIB. Dalam talkshow tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten akan memberikan Welcome Remark.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, Banten sebagai salah satu wilayah yang penting untuk pengembangan ekonomi syariah. Untuk itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten berkolaborasi dengan stakeholders utama yaitu Pemerintah Provinsi Banten, Pondok Pesantren serta Penggiat dan Pengamat Ekonomi Syariah yaitu Forum Silaturahmi Pondok Pesantren, UMKM, kalangan akademisi dan perbankan syariah di Banten turut berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Dalam rangka menyemarakan kegiatan seminar dan talkshow serta berbagai kegiatan FESyar virtual lainnya, BI mengajak UMKM, Dinas terkait, Perbankan Syariah, Generasi Baru Bank Indonesia (GenBI), Pondok Pesantren, IWABA (Ikatan Wanita Perbankan), akademisi dan penggiat ekonomi syariah serta media masa bergabung dan mengikuti rangkaian acara tersebut.

Ia berharap, kegiatan FESyar dapat memberikan manfaat pengetahuan dan perolehan sharing informasi perkembangan ekonomi syariah di Jawa serta memotivasi pelaku ekonomi syariah di Banten untuk Pengembangan Ekonomi Syariah yang lebih masif lagi dalam rangka Pemulihan Ekonomi pasca Pandemi.

Untuk menyaksikan acara tersebut, tersedia kanal website: www.fesyarjawa.com, youtube, Instagram, website dan zoom meeting, adapun untuk melihat jadwal acara dapat dilihat melalui booklet FESyar dengan men-sCan bar code. (Advetorial)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com