Info TravelLifestyle

Ini Satu-satunya Pasar Loak di Kota Serang, Sudah Tahu?

BISNISBANTEN.COM – Belum paham Kota Serang jika belum tahu atau belum mendatangi tempat satu ini. Siapa bilang di Kota Serang tidak ada pasar loak yang menjual beragam perlengkapan elektronik, pakaian, dan banyak lagi?

Pasar Loak Gang Rendah berlokasi di Jalan Tubagus Buang, Kampung Magersari, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Letaknya tepat di belakang Pasar Lama Kota Serang.

Disebut Gang Rendah karena memang kontur tempatnya yang menurun. Dari belakang Pasar Lama hingga jalan tembus tidak jauh menuju Pocis, sekitar 250 meter dihuni bermacam-macam pedagang loak.

Advertisement

Barang bekas yang dijual di pasar tersebut berupa lemari es, mixer, blender, setrika, colokan, kipas angin telepon genggam, pakaian, hingga ada cincin batu akik. Peralatan pertukangan dan sparepart kendaraan bermotor juga diperjualbelikan.

Ya, Pasar Loak Gang Rendah menjadi pilihan masyarakat mendapatkan barang yang diperlukan dengan harga miring. Tak ada yang baru, semuanya bekas, tapi masih layak dipakai. Akhirnya tempat ini dikenal sebagai sentra barang-barang bekas di Kota Serang.

Perbedaan harga yang signifikan menjadi alasan mengapa pasar ini banyak didatangi pemburu barang-barang bekas. Keuntungan lain yang didapat di pasar loak ini, para calon pembeli juga dapat bertemu langsung dengan penjual handphone yang sengaja datang untuk menjual kepada pedagang.

Advertisement

Para pedagang umumnya berjualan di atas trotoar Seperti pedagang kaki lima lainnya, barang bekas ditempatkan di atas terpal. Ada juga yang memasang tenda-tenda sederhana untuk melindungi barang dagangan dari terik panas dan air hujan.

Para penjual di sini bukanlah pedagang baru, bahkan sudah ada yang 20 tahun berjualan di Pasar Loak Gang Rendah. Misalnya Mustofa (53). Menurutnya, dari dulu Gang Rendah sudah seperti ini, tidak ada perubahan. Dan tetap dikenal sebagai pusat barang bekas sejak dulu.

Dulu, tempat ini bukan dinamai Gang Rendah melainkan Tegal Tong Teng. Mayoritas para pedagang di sini membuka lapak jualannya sejak pagi sampai sore hari. Tertarik datang kesini? (Hilal)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.