Regulasi

Ini Kota dengan Perkembangan Program JKN-KIS Tercepat

Secara total keseluruhan penduduk provinsi Banten dilindungi oleh program BKN yaitu JKN-KIS sebanyak 77%. Dan ada 1 kota di Banten yang mencapai 99% telah bekerja sama dengan BPJS kesehatan, yaitu Kota Tanggerang

BISNISBANTEN.COM — BPJS Kesehatan sebagai badan penyelenggara jaminan sosial yang berfungsi untuk menjamin kesehatan masyarakat Indonesia khususnya di daerah Banten ini masih belum dapat diterima sepenuhnya oleh masyarakat Banten. Pasalnya masih ada rumah sakit dan masyarakat yang belum bekerjasama atau menggunakan Program BPJS Kesehatan. Padahal sasaran penerima program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ini adalah seluruh lapisan masyarakat.

Adapun perkembangan cakupan kependudukan Provinsi Banten disampaikan oleh Andayani Budi Lestari selaku Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta yaitu di Kabupaten Tanggerang sebesar 82%, kota Tanggerang sebesar 99%, Tanggerang Selatan 55%, Kabupaten Pandeglang 74%, Kabupaten Lebak 76%, Kabupaten Serang 70%, Kota Cilegon 87%, dan Kota Serang sebesar 62%. Walaupun demikian, angka-angka ini telah mengalami peningkatan secara pesat.

“Secara total keseluruhan penduduk provinsi Banten dilindungi oleh program BKN yaitu JKN-KIS sebanyak 77%. Dan ada 1 kota di Banten yang mencapai 99% telah bekerja sama dengan BPJS kesehatan, yaitu KoTa Tanggerang,” tutur Andayani pada Forum Konunikasi Pemangku Kepentingan Utama Provinsi Banten pada Senin (25/9).

Advertisement

Bagi masyarakat yang telah bergabung dengan BPJS Kesehatan dalam program JKN-KIS akan mendapatkan benefit di antaranya kepastian pembiayaan yaitu besaran iuran tetap dan terjangkau tanpa underwriting. Selain itu, prinsip portabilitas atau dapat digunakan di seluruh wilayah di Indonesia. Pelayanan komprehensif (rawat jalan dan rawat inap di faskes tingkat pertama dan faskes rujukan tingkat lanjutan) dan meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Integrasi Jamkesda digunakan agar pemda bisa mengetahui gambaran kesehatan penduduk di wilayahnya. (rosfi/red)

Advertisement
LANJUT BACA