Ini Capaian Kepesertaan BPJS Kesehatan KC Serang 2017

- Advertisement -

BISNISBANTEN.COM — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mencatat jumlah peserta per Oktober 2017 mencapai 3,52 juta di wilayah cakupan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Serang.

Jumlah tersebut masih jauh berada dibawah target peserta yang semula dipatok sebanyak 80 persen dari total penduduk di wilayah cakupan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Serang meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Serang Sofyeni mengatakan, dari total 35,2 juta kepesertaan total kepesertaan terbanyak ada di Kota Cilegon yakni 87 persen dari 440 ribu penduduk 395 ribu sudah memiliki JKN-KIS.

“Yang lain masih diangka 70-75 persen seperti Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak. Yang pasti target kami di tahun 2019 mendatang semua bisa universal coverage,” katanya, Minggu (12/11).

Masih kata dia, target pemerintah dalam menggalakkan universal coverage di tahun 2019 mendatang juga membutuhkan banyak dukungan pemerintah daerah.

“Di Banten saat ini masih kekurangan SDM terkait dengan tenaga dokter. Idealnya 1:5 dari jumlah peserta, namun di Kota Serang ini masih jauh belum terpenuhi,” ujarnya.

Kendati demikian, BPJS Kesehatan selaku lembaga penjamin sosial saat ini telah mengadvokasi dan mendorong Pemda untuk dapat memenuhi tenaga dokter.

“Kalau belum terpenuhi, nantinya akan berdampak pada fasilitas kesehatan, dan tentunya harus ditunjang dengan sarana prasarana yang memenuhi seperti puskesmas sehingga peserta dapar dilayani seperti yang diharapkan,” tutupnya. (GAG/NUA)


Penulis: Wirda Garizahaque
Editor: Nurzahara Amalia

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

1,048FansSuka
854PengikutMengikuti
31PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

BNI Optimalkan Layanan Digital

BISNISBANTEN.COM-- Kebutuhan layanan perbankan digital semakin meningkat selama masa pandemi ini, antara lain BNI Mobile Banking yang menjadi salah satu preferensi utama...

Triwulan 3-2020, PLN Mampu Raih Penjualan Tenaga Listrik Rp205,1 Triliun

BISNISBANTEN.COM-- Meski di tengah pandemi Covid, PT PLN (Persero) mampu membukukan penjualan tenaga listrik sebesar 181.638 GWh pada triwulan 3 tahun 2020...

Libur Panjang, Ini Persiapan ASTRA Tol Tangerang-Merak

BISNISBANTEN.COM -- ASTRA Tol Tangerang-Merak siap melayani pengguna jalan pada momen cuti bersama hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020. Momen...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

BACA JUGA

Tingkat Kualitas SDM, PHRI Gelar Uji Kompetensi

BISNISBANTEN.COM -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten bersama Lembaga Serfitikasi Profesi (LSP) Hospitality Cakrawala Indonesia (HCI) menggelar uji kompetensi...

SHARP Raih Nusantara CSR Awards 2020

BISNISBANTEN.COM -- Pandemi Covid-19 berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan dan ekonomi berbagai lapisan masyarakat. Sharp Indonesia selaku perusahaan elekronik yang memiliki perhatian...
- Advertisement -
- Advertisement -