spot_img

Hotel Halal dan Syariah di Pandeglang Nih, Cari Tahu Fasilitasnya Yuk

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -

BISNISBANTEN.COM – Sejak lama Kabupaten Pandeglang di Banten dikenal sebagai kota santri. Puluhan pesantren salafi dan modern ada di sana. Bahkan organisasi keislaman seperti Mathlaul Anwar serta banyak kiyai dan ulama yang ditokohkan ada di kabupaten yang memiliki tiga gunung yang banyak dikenal ini yakni Gunung Karang, Aseupan, dan Pulosari. Tidaklah heran jika di tempat ini banyak berdiri hotel halal berbasis syariah.

Satu di antaranya adalah Hotel Sofyan inn Altama. Hotel bintang 3 di Jalan Raya Serang Km 3 Pertigaan Cigadung, Pandeglang, Kadumerak, Karangtanjung, ini termasuk paling elit dan mewah di Pandeglang.

Bedanya dengan hotel biasa, hotel dengan tema syariah hote dikelola oleh syariat Islam. Tetap mengutamakan layanan memuaskan untuk para pengunjung dan menyediakan fasilitas di lokasi strategis, cocok untuk para wisatawan Muslim dan orang-orang bisnis.

Hotel yang hanya sembilan menit ke pusat Kota dan Alun-alun Pandeglang ini tempatnya sejuk, karena terletak di kaki dari Gunung Karang. Poin penting sebagai hotel halal antara lain, di kamar tersedia sajadah dan Alquran buat yang menginap.

Hotel ini menempati gedung eks Pusat Perbelanjaan yakni Pandeglang Town Square (Pantos) yang terletak di lokasi strategis, di pertigaan jalan raya yang memisahkan jalur menuju Alun-alun Pandeglang dan Kadubanen. Di sekitarnya cukup banyak fasilitas pendukung seperti minimarket, kafe, warung makan, dan ATM. Jarak Sofyan Inn Altama ke pusat Kota Serang dan Cilegon sekitar 24.3 km.

- Advertisement -

Fasilitas yang dimiliki halal hotel ini yakni televisi layar datar, cermin, handuk, akses internet – WiFi, akses internet WiFi (gratis) di beberapa kamar. Tersedia breakfast.

Tipe kamar yang tersedia yakni deluxe room, executive room, dan junior suite. Jika bermalam di hotel ini, bisa request kamar yang dekat dengan kolam renang. Kamar lain, jendelanya menghadap jalan raya. Jika tidak ingin merasa terganggu dengan suara kendaraan yang melintas, dianjurkan untuk tidak memilih kamar ini.

Ada juga kolam renang anak, taman hotel untuk bersantai. Parkiran luas ada di belakang. Selain untuk menginap, hotel ini kerap digunakan sebagai tempat seminar, meeting, dan resepsi pernikahan. Di sini terdapat ruang meeting dan ballroom. Ada kafenya juga loh di area belakang yakni Caffe Kapulso.

Hotel ini juga menjadi pilihan tempat menginap bagi para wisatawan yang ingin menuju Labuan, Ujung Kulon, Tanjung Lesung, dan Rangkasbitung. Hotel syariah ini dikelola Sofyan Hotel Group, perusahan publik yang dikenal sebagai pengusung hotel Islami. Nama Horison Altama Pandeglang, menyiratkan beralihnya manajemen ke tangan Horison Hotels Group, PT Metropolitan Golden Management.

Pergantian nama ini berlangsung sejak pertengahan 2018, sekaligus menaikkan status hotel dari bintang 2 menjadi bintang 3. Kesepakatan pengambilalihan pengelolaan hotel terjadi sejak 4 Juni 2014, alias menjadi Hotel Horison pertama di Provinsi Banten.

Sekadar tahu, nama Altama diambjl dari singkatan nama tiga anak sang pemilik yakni Alifa, Tasya, dan Maula.

Seperti yang disinggung di awal, bangunan yang sekarang menjadi Hotel Horison Altama Pandeglang semula bukanlah hotel. Ketika diresmikan pada 4 Februari 2012 oleh Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi, tempat ini hadir sebagai pusat perbelanjaan bernama Pandeglang Town Square (Pantos). Selain disewakan, area Pantos juga dipakai sebagai lokasi usaha lain yang dimiliki PT Altama Brother: butik Ramindo, arena bermain Happyzone, restoran Seloria, dan sebuah karaoke.

Setahun kemudian, barulah sebagian area Pantos disulap menjadi Sofyan Inn Altama Hotel: hotel dua lantai, berbintang dua, yang memiliki 70 kamar. Dari wilayah pantai Kabupaten Pandeglang yang dilanda Tsunami Selat Sunda Desember 2018 lalu, hotel ini berjarak sekitar 30 kilometer.

Sedari awal, hotel di Pertigaan Cigadung ini, yang berada di sebelah utara Kantor Bupati Pandeglang, di jalur antara Kota Serang dengan Kota Pandeglang ini sudah menyebut diri sebagai hotel dan pusat konvensi. Selain punya banyak ruang rapat, hotel ini juga punya aula atau ballroom yang mampu mengakomodasi hingga 1.000 tamu.

Pada 2015, saat masih bernama Sofyan Inn Altama Hotel, aula hotel dipakai untuk menggelar Kongres Umat Islam Banten. Gelaran besar lain yang juga sering diselenggarakan di sini adalah wisuda sarjana, seperti yang dilakukan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Banten pada awal 2018. Gelaran akbar lainnya, seminar Pandeglang darurat LGBT , yang diikuti 650 orang tua murid, digelar Yayasan Irsyadul ‘Ibad dan Silaturahmi Orang Tua Murid dan Guru (SOMG) di Horison Alatama Pandeglang pada November 2018.

Bagaimana, sudah cukup mengenal hotel ini? Jika belum, silakan datang langsung. (Hilal)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Hilal Ahmad
Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img

REKOMENDASI UNTUK DIBACA

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,042FansSuka
10,000PengikutMengikuti
5,000PengikutMengikuti
13,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

TERBARU

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BACA JUGA

Muaro, Rumah Makan di Seberang Mercusuar Anyer yang Jadi Rekomendasi

BISNISBANTEN.COM - Bila berkunjung ke Anyer, Kabupaten Serang, Banten, pasti banyak dijumpai kedai makan mulai dari rumah makan sampai restoran. Salah satunya adalah RM...

Honda Banten Edukasi Siswa SMAN 1 Rangkasbitung Tentang Safety Riding

BISNISBANTEN.COM -- Dimasa pandemi para siswa dan siswi dari SMAN 1 Rangkabitung menjalani seluruh kegiatan dari rumah saja melalui online. Untuk itu, PT Mitra...
spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img