Perbankan

Dukung Harbukfest Banten 2024, BI Dorong Minat Baca

BISNISBANTEN.COM Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten terus mendorong peningkatan minat baca di Banten. Ini bertujuan agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Ini diungkapkan Deputi Kepala Bank Indonesia Provinsi Banten Hario Kartiko Pamungkas saat memberikan sambutan dalam acara Harbukfest Banten 2024 di Untirta Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Senin (13/5).

Ia memaparkan, berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik bahwa triwulan I- 2024, perekonomian Banten tumbuh sekitar 4,52 persen. Pemprov Banten dan BI juga terus berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian. Peningkatan ini juga perlu didukung oleh seluruh masyarakat.

Oleh karena itu, pembangunan  SDM perlu dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan di masyarakat.

Advertisement

“Budaya membaca perlu bagian dari masyarakat agar tetap ingat buku penting untuk kehidupan sehari-hari. Untuk itu, BI terus mendorong literasi bagi masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, BI Banten mendorong literasi untuk mendukung SDM dan sebagai wujud komitmen BI dengan menyediakan perpustakaan yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Perpustakaan ini juga memberikan pelayanan yang nyaman.

“Perpustakaan ini juga memiliki koleksi yang komprehensif mulai dari ekonomi makro, sistem pembayaran, dan lainnya. Selain itu, ada juga digital library yang bisa diakses secara digital,” katanya.

Advertisement

BI juga memberikan apresiasi kepada Untirta yang menyelenggarakan Hari Buku Festival Banten 2024 agar terus memperbaharui dan mendukung pendidikan di Banten. “BI juga mengajak masyarakat untuk mengunjungi Perpustakaan BI,” katanya.

Dalam Hari Buku Festival Banten 2024, BI Banten berkolaborasi dengan Untirta yang akan berlangsung hingga 19 Mei 2024 yang berlangsung di Laboratorium Terpadu Untirta Sindangsari. Ada ratusan koleksi buku yang bisa dipilih oleh masyarakat. Selain itu, ada sejumlah diskusi dan talkshow untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

Komitmen dan dukungan lain yang dilakukan oleh BI Banten yakni dengan menyediakan BI Corner di sejumlah kampus di Banten. BI Corner menyediakan sejumlah koleksi buku sekitar ekonomi. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com