Keuangan

Dorong UMKM Berkembang, BI Banten Gelar Expo Online

BISNISBANTEN.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menggelar Expo Online lewat Karya Kreatif Banten yang dimulai pada 3 Maret 2021. Kegiatan ini untuk mendorong UMKM Banten bisa semakin berkembang.

Expo online ini diikuti sekitar 15 UMKM yang sebelumnya sudah lolos kurasi atau seleksi. Beberapa UMKM yang ikut berpartipasi antara lain CV Mitra Mandala (food), Cokelatin Indonesia (Food), CV Kayelwood Work (Craft), Khyang Leather (Craft), CV Sahabat Alam Handycraft (Craft), PT Batik Banten Mukarnas (Fashion), Nikhol Fashion (Fashion), Lure (Fashion), Valerie Crochet (Craft), PT Handaru Nusantara Gemilang (Food), CV Primarasa Izzani (Food), CV Mitra Prima Mandiri (Food), La tazha (craft), Asri Snack (food), dan Gerai Lengkong (Food)

“Para UMKM ini sudah diseleksi terlebih dahulu,” kata Kepala Tim Pengembangan UMKM Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten.

Advertisement

Pengunjung yang ingin melihat karya UMKM melihatnta lewat www.karyakreatifindonesia.co.id secara live. Sementara expo virtual bisa lihat di marketplace Blibli.com yang berlangsung hingga 31 Maret 2021. “Masyarakat yang ingin melihat dan berbelanja langsung kunjungi Blibli.com,” katanya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, pengelolaan usaha di Indonesia termasuk Banten masih sederhana menjadi faktor kinerja usaha mikro belum berkembang dengan baik. Selain itu, infrastruktur di daerah juga belum merata sehingga masih rendahnya pemanfaatan bisnis berbasis teknologi yang didukung SDM belum mumpuni.
“Untuk itu, BI terus berkomitmen untuk mendukung para UMKM agar bisa menggunakan teknologi dalam memasarkan produknya sehingga berkembang,” katanya.

 

Advertisement

Menurutnya, BI juga terus mendorong para UMKM di Banten untuk terhubung dengan media sosial yang tepat agar bisa pangsa pasarnya semakin luas. BI juga melakukan pembinaan terhadap UMKM di Banten agar terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam bidang digitalisasi. “Ini baik untuk pencatatan maupun dalam pemasaran produknya,” tuturnya.

BI juga mendorong masyarakat untuk belanja produk lokal yang selaras dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia. Untuk itu, Bank Indonesia menggelar Karya Kreatif Indonesia 2021 seri satu yang dimulai pada 3-31 Maret. Pada 3 Maret 2021, expo online akan dimulai dan berbelanja produk tersebut via blibli.com.

Dalam acara webinar ini menghadirkan beberapa narasumber antara lain Analis Yunior Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Claresta Islamey, Ketua I Kadin Banten Amir Hamzah, VP of Galeri Indonesia Blibli.com Andreas Ardian Pramditya, dan Ketua Fokus UMKM Roy Baskoro Darnanto. (susi)

 

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com