Banten24Travel

Dinas Pariwisata Banten dan LSP HCI Kembali Gelar Uji Kompetensi

BISNISBANTEN.COM — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Dinas Pariwisata Provinsi Banten bersinergi bersama LSP HCI menggelar Uji Kompetensi untuk meningkatkan kemampuan para juru masak di homestay. Uji kompetensi ini diikuti sekitar 50 peserta yang berasal dari berbagai homestay di Pandeglang. Uji kompetensi ini digelar Asoka Resort Banten, Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Senin (23/5).

Uji kompetensi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi, Kepala Bidang SDM Dinas Pariwisata Provinsi Banten Linda Muhtadi, Ketua LSP HCI Adi Setiawan, Ketua Umum PHRI Provinsi Banten Achmad Sari Alam.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi mengungkapkan, uji kompetensi ini menjadi tolak ukur dari masing-masing kejuruan yang ada. Pada kesempatan kali ini juru masak, kedepab tidak menutup kemungkinan untuk jurusan lainnya yang ada di homestay.
“Terkait anggaran jadi uji kompetensi ini dilakukan bertahap,” katanya.

Advertisement

Menurutnya, Dinas Pariwisata Banten sudah rutin menyelenggarakan uji kompetensi bagi pelaku pariwisata di Banten untuk berbagai segmen seperti front office, housekeeping, dan lainnya.
“Jumlahnya sudah banyak karena setiap tahun diselenggarakan di berbagai daerah di delapan kabupaten-kota,” katanya.

Ketua LSP HCI Adi Setiawan mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara LSP HCI, Dinas Pariwisata Provinsi Banten, dan pelaku industri untuk memperkuat pariwisata di Banten. “Dengan kolaborasi ini bisa meningkatkan pariwisata di Banten,” katanya.

Menurutnya, pada dasarnya uji kompetensi ini sangat diperlukan untuk bisa menjadi tolak ukur bagi para pelaku industri dan wisatawan yang ingin dalam ke Banten.

Advertisement

“Kedepan uji kompetensi ini bisa untuk skema lainnya agar SDM pariwisata semakin baik dan memberikan kontribusi bagi perekonomian Banten,” katanya.

Ketua Umum PHRI Provinsi Banten Achmad Sari Alam berharap, uji kompetensi ini bisa meningkatkan kompetensi para peserta dan memberikan dampak positif bagi industri pariwisata di Pandeglang. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com