Lifestyle

Di Balik Tampilannya yang Menggoda, Buah Strawberry Punya Manfaat Luar Biasa

BISNISBANTEN.COM – Buah strawberry, dengan warna merahnya yang mencolok dan rasa manisnya yang lezat, tidak hanya menggugah selera, tetapi juga menyimpan beragam manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Buah ini memiliki warna merah cerah dan memiliki rasa manis serta sedikit asam. Stroberi atau Strawberry biasanya dikonsumsi segar atau digunakan dalam berbagai resep masakan, seperti membuat jus, salad, atau sebagai topping untuk makanan lain.

Buah ini juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, seperti mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut lebih lengkap khasiat luar biasa buah ini.

Advertisement

1. Sumber Antioksidan Tinggi

Strawberry kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, flavonoid, dan asam fenolat, yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan flavonoid dalam strawberry dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Advertisement

3. Mendukung Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi strawberry dapat meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi otak dari penuaan. Senyawa flavonoid dan antioksidan dalam buah ini diyakini memiliki peran penting dalam meningkatkan memori dan daya ingat.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya dalam strawberry dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan degenerasi makula dan katarak.

5. Mendukung Pencernaan Sehat

Serat yang tinggi dalam strawberry membantu meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

6. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam strawberry dikenal karena kemampuannya dalam merangsang produksi kolagen, yang penting untuk kulit yang sehat dan bersinar. Antioksidan dalam buah ini juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam strawberry telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat.

8. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam strawberry memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Dengan manfaat kesehatan yang begitu beragam, menambahkan buah strawberry ke dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi langkah kecil yang tepat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA