EntertainmentLifestyle

Christian Sugiono, CEO Muda dengan Berbagai Usaha

BISNISBANTEN.COM – Bukan hanya jago di bidang entertainment, banyak artis berbakat dalam hal mengelola perusahaan.

Christian Sugiono masuk dalam jajaran artis yang jadi CEO. Christian Sugiono merupakan aktor sekaligus enterpreneur.

Setelah tidak terlalu aktif di bidang akting, suami Titi Kamal ini mendirikan tiga perusahaan startup. Luar biasa.

Advertisement

Selain menjadi founder, ia juga menjabat sebagai CEO dari perusahaan rintisannya.

Tak hanya mencoba peruntungan lewat bisnis media online, pasangan ini juga memiliki usaha properti dan Villa.

Saat menjadi bintang tamu di acara “Behind the Wheels” Prestige Production milik Rudy Salim, Christian Sugiono menceritakan tentang kesibukannya beberapa tahun belakangan ini.

Kini, Christian Sugiono menjadi CEO dari startup marketplace, cumi.id yang merupakan platform untuk sewa-menyewa barang dan kendaraan.

Selain mendirikan dan menjadi CEO di cumi.id, Christian Sugiono juga mendirikan perusahaan startup digital lainnya, seperti media malesbanget.com dan aplikasi dating SETIPE.

Alasan Christian Sugiono mau shifting dari seorang aktor menjadi seorang pengusaha, justru awal karirnya dimulai dengan menjadi seorang pengusaha dan bukan aktor.

Dan ini tidak banyak diketahui orang. Kebanyakan orang mengetahui Christian Sugiono ini aktor. Padahal sejak masih muda, Christian Sugiono sudah menjadi seorang entrepreneur.

Christian Sugiono balik ke Indonesia pada 2006. Sebelumnya, ia kuliah IT di Jerman.

“Di Jerman gua sudah membuat perusahaan kecil-kecilan. Gua bisa programming, gua bisa coding, jadi gua bikin usaha web development saat itu, di tahun 2005,” tuturnya.

“Lalu gua pulang ke Indonesia dan gua jadikan PT, perusahaan web development itu. Jadi ketika gua pulang ke Indo, gua sudah punya perusahaan web designer atau web development,” imbuh Christian Sugiono.

Walaupun perkembangan internet masih belum sebagus dan secepat sekarang, Christian Sugiono beranggapan, semua perusahaan pasti membutuhkan website untuk company profile-nya.

“Jadi gua sudah mengerjakan entrepreneurship ini sebelum gua menjadi seorang aktor,” lanjut Christian Sugiono.

“Tapi, memang tidak ada yang tau, karena pekerjaan seperti itu, tidak ada yang ekspos,” tutup Christian Sugiono. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.