UMKM

Buhori, Wirausaha Muda Binaan BI Banten Raih Juara II

BISNISBANTEN.COM — Buhori, UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten berhasih meraih juara II dalam lomba Wirausaha Muda Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) se-Jawa 2020 pada 5-10 Oktober 2020. Hasil lomba tersebut diumumkan pada 10 Oktober 2020 sebelum acara penutupan. Buhori merupakan wirausaha gula aren dengan merek yang dikembangkan Organic Palm Sugar.

Pria kelahiran Lebak, 5 April 1995 ini merasa bersyukur atas pencapaian yang diraih dalam ajang Fesyar 2020. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan berbagai pihak termasuk KPw BI Banten. Baginya pencapaian ini di luar ekspetasi karena awalnya sedikit ragu mengikuti kompetisi wirausaha muda syariah tersebut. Masih banyak sekali hal yang perlu dipelajari dan merasa belum layak mengikuti sebuah kompetisi besar seperti ini.
“Tapi ternyata Allah berkehendak lain saya terpilih sebagai juara dua wirausaha muda syariah diacara Fesyar Regional Jawa 2020,” katanya.


Ia mengungkapkan, CV Mandala menjadi binaan KPw Bank Indonesia Provinsi Banten sejak 2016. BI Banten jadi bagian dari perjalanan usaha gula aren tersebut. Berbagai pelatihan seperti manajemen usaha, inovasi produk, strategi pemasaran dan masih banyak lagi.
“Dengan demikian, alhamdulillah banyak sekali ilmu dan wawasan yang saya dapat sejak menjadi binaan Bank Indonesia. Kini kami tidak hanya berkembang di dalam negeri tetapi juga bisa melakukan eksport mandiri ke beberapa negara,” katanya.

Usaha Gula Aren sendiri ada sejak 1989 dalam bentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mitra Mandala yang diketuai Anwar yang merupakan pamannya. Memilih produk aren karena memang di daerah Lebak bisa dikatakan centra produk aren di Banten. Jadi Mitra Mandala memutuskan untuk menjadi pembuka akses pasar juga menjadi centra produksi untuk gula aren dari 148 petani yang tergabung.

Sejak 2015, ia bergabung sebagai pengurus KUB Mitra Mandala juga sebagai Co Founder CV. Mitra Mandala sebagai badan usaha yang fokus di bagian pemasaran (Digital marketing & Eksport) untuk produk yang dihasilkan oleh KUB Mitra Mandala. “Alhamdullilah kini kami tidak hanya berkembang di dalam negeri tetapi juga berhasil eksport reguler ke beberapa negara,” katanya.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja memberikan apresiasi kepada Buhori dengan usia yang baru 25 tahun berhasil meraih juara 2 Wirausaha Muda Syariah di Festival Ekonomi Syariah Jawa yang berlangsung 5-10 Okt. Saat mengikuti lomba dan final, Buhori sedang tidak fit, namun tetap bisa meyakinkan para juri. Penghargaan Ini merupakan pengakuan bagi keunggulan seorang wirausaha muda Banten di tataran nasional. Terlebih lagi ini ajang kompetisi wirausaha muda syariah, sesuatu yang sangat kental dengan Provinsi Banten yang kebetulan baru berulang tahun ke 20. “Saya bersama tim pengembangan ekonomi di BI Banten sangat senang bisa mendorong pengusaha muda menjadi juara,” katanya.

Ia berharap, keberhasilan ini memberi inspirasi millenilas Banten untuk terus inovatif, terus belajar dan pantang menyerah memberi kontribusi terbaik bagi Banten. Buhori memiliki etos kerja yang baik, pekerja keras, dan selalu ingin belajar, sehingga tidak heran Buhori memahami betul bisnis proses gula aren dari sisi hulu yang berhubungan dengan pengelolaan mitra petani, proses produksi dan juga terampil menjalin jejaring pemasaran termasuk ekspor produk. “Terbukti saat ini gula aren hariang mampu ekspor ke beberapa negara diantaranya Amerika, Australia, Jerman, Taiwan, Korea Selatan, Malaysia,” katanya.

Produk gula aren hariang telah bersertifikasi halal dan juga mempunyai sertifikat organik sehingga terjamin kualitasnya. Ke depan BI Banten akan terus mengembangkan potensi pengembangan ekononi syariah baik melalui pengembangan kapasitas dan entrepreneurship pesantren, juga mendorong umkm syariah bersertifikasi halal dengan serangkaian program yg kami susun agar akses pasar menjadi lebih luas. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com