Ekonomi

BI Terus Dorong UMKM Menjadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi

BISNISBANTEN.COM — Bank Indonesia terus mendorong keberadaan UMKM agar bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi terutama saat pandemi seperti ini. Bank Indonesia mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan digitalisasi agar mempermudah dalam pemasaran produk. Ini diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja dalam acara BI Mengajar yang digelar secara virtual, Jumat (13/8).

BI berkomitmen untuk membawa 91,3 juta penduduk yang belum mengakses perbankan dan 62,9 juta UMKM ke dalam ekonomi dan keuangan formal secara sustainable melalui pemanfaatan digitalisasi.

Ia menuturkan, UMKM 4.0 sebagai kekuatan baru ekonomi nasional yakni dengan UMKM yang produktif, inovatif, dan memiliki kemampuan melakukan penyesuaian. Untuk itu, BI terus mengembangkan UMKM dan inklusi keuangan. Dengan peningkatan inklusi keuangan dengan pengembangkan ekonomi dan keuangan inklusif mengintegrasikan pemberdayaan ekonomi termasuk UMKM. Ini didukung dengan perluasan akses dan literasi keuangan yang didukung pemberdayaan digital.

Advertisement

Seperti diketahui, KPw BI Banten menggelar acara BI Mengajar yang merupakan program rutin tentang edukasi bank sentral. Kali ini, KPw BI Banten bekerja sama dengan UIN SMH Banten dan dihadiri ratusan peserta dari kalangan mahasiswa, UMKM, perbankan, ASN, dan umum.

BI Mengajar ini mengusung tema Memperkuat Sinergi, Inovasi, dan Inklusivitas. Meningkatkan Kontribusi bagi Perekonomian Nasional. Dalam BI Mengajar ini dipaparkan mengenai tugas dan fungsi Bank Indonesia dalam pembangunan nasional. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com