Keuangan

BI dan Pemda se-Banten Komitmen Wujudkan Digitalisasi Daerah

BISNISBANTEN.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Otoritas Jasa Keuangan, dan pemda se-Banten berkomitmen untuk mewujudkan digitalisasi daerah. Ini dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Banten. Komitmen ini juga diwujudkan dengan terbentuknya Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah se-Provinsi Banten.

Sebagai dukungan nyata terhadap program tersebut, Bank Indonesia Provinsi Banten bersama stakeholder menggelar Peluncuran Peta Jalan dan Showcasing Elektronifikasi Transaksi Daerah se-Provinsi Banten, Senin (25/10). Kegiatan ini dihadiri Menteri Kordinator Perekonomian Airlangga Hartanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja, Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta Banten Dhani Gunawan Idat, Perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Plt Sekda Banten Muhtarom, Kepala Bapenda Banten Opar Sohari, dan perwakilan kepala daerah se-Banten.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengungkapkan, TP2DD di Banten telah dibentuk sejak Maret dan semua pemda telah terbentuk 100 persen. Ini bentuk sinergitas daerah Pemda se-Banten sesuai dengan intruksi Presiden terkait Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah.

Advertisement

“Setelah terbentuk, pada kegiatan hari ini peluncuran peta jalan dan showcasing yang berlangsung pada 25-26 Oktober 2021. Kegiatan sebuah dukungan nyata dan menjadi semangat kita bersama untuk mewujudkan percepatan digitalisasi di Banten,” katanya.

Menurutnya, terbentuknya TP2DD di Banten tidak terlepas dari peran dan dorongan positif kepala daerah di Banten. Ini juga menjadi indikator menggeliatnya pembayaran nontunai di Banten. “Ini tentu sejalan dengan pertumbuham ekonomi di Banten,” tuturnya.

Ia optimis, pertumbuhan ekonomi di Banten terus meningkat dan kedepan bagaimana pelaku ekonomi memanfaatkan positif pertumbuhan ekonomi dengan terus melakukan transformasi dan juga inovasi.

“Ini guna memperkuat struktur pertumbuhan ekonomi dan salah satunya ditempuh melalui digitalisasi yang memberi ruang untuk meningkatkan ekonomi, efisiensi dan juga meningkatkan produktivitas,” katanya.

Advertisement

Dalam showcasing ini, pemda se-Banten memaparkan pencapaian elektronifikasi transaksi daerah yang sudah dilakukan. Berbagai elektronfikasi yang dilakukan sebagai upaya mempercepat dan mempermudah masyarakat dalam bertransaksi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (susi)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com