Regulasi

Begini Kondisi Ekonomi Konsumen Banten di Triwulan II

BISNISBANTEN.COM – Badan Pusat Statistik Provinsi Banten kembali merilis data terkait Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Banten pada Triwulan II-2017 sebesar 112,85. Berarti, kondisi ekonomi konsumen di Banten meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Tingkat optimisme konsumen juga meningkat, ditunjukkan oleh nilai ITK Triwulan II-2017 yang lebih tinggi dari ITK Triwulan I-2017 (nilai ITK 108,42).

Menurut Kepala BPS Provinsi Banten Agoes Soebeno mengatakan, meningkatnya kondisi ekonomi konsumen didorong oleh perbaikan pada seluruh variabel pembentuk, yaitu naiknya pendapatan rumahtangga (nilai Indeks 112,81), rendahnya pengaruh inflasi terhadap tingkat konsumsi (nilai Indeks 104,85) dan meningkatnya volume konsumsi bahan makanan, makanan jadi di restoran/rumah makan dan bukan makanan (nilai Indeks 123,11).

Sementara prospek Indeks Tendensi Konsumen (ITK) di Banten pada Triwulan III-2017 diperkirakan sebesar 102,52. Artinya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan mendatang diperkirakan masih akan membaik. Namun, tingkat optimisme konsumen diperkirakan akan menurun dibandingkan Triwulan II-2017 ( ITK sebesar 112,85).

Advertisement

Sementara perbaikan kondisi ekonomi konsumen pada Triwulan III-2017 diperkirakan terjadi karena adanya peningkatan pendapatan rumahtangga (nilai Indeks 102,64) dan diperkuat oleh meningkatnya perkiraan rencana pembelian barang-barang tahan lama, rekreasi dan pesta/hajatan oleh konsumen (nilai Indeks 102,32). (fan/red)

Advertisement
LANJUT BACA

Setiawan Chogah

CEO dezainin.com dan founder dezain.institute. Seorang microblogger yang kerap mengulas topik pengembangan diri dan tips keuangan di Instagram @setiawanchogah.