StartupTeknologiUMKM

Ajarkan Literasi Digital, dezain institute Garansi Sampai Bisa

BISNISBANTEN.COM – Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat banyak orang mau tak mau mesti meningkatkan literasi digitalnya untuk dapat beradaptasi dengan baik. Menyadari akan masih banyaknya masyarakat yang belum melek secara digital, dezain institute hadir sebagai salah satu alternatif tempat belajar digital di Kota Serang.

Didirikan oleh Setiawan Chogah setahun lalu, kini dezain institute telah memiliki puluhan siswa yang terdaftar di sejumlah kelas private.

“Inspirasi mendirikan dezain institute dulu bermula dari banyaknya yang minta diajarin desain grafis dan pembuatan website melalui dezain.in. Terlebih setelah Covid-19 masuk akhir Februari lalu, banyak banget teman-teman yang bisnis offline-nya terdampak datang konsultasi untuk menanyakan kiat-kiat pemasaran online,” tutur Chogah saat bincang-bincang dengan bisnisbanten.com di kantornya, Selasa (3/11/2020).

Advertisement

Kelas Tatap Muka dan Virtual

Guna memudahkan siswanya untuk mengakses kelas, Chogah menyediakan cara melajar dengan datang langsung ke dezain institute yang beralamat di Perumahan Sukawana Asri Blok K10, Kecamatan Curug, Kota Serang atau juga bisa belajar dengan dipandu melalui aplikasi Google Meet.

“Untuk kelas tatap muka, saya langsung pandu step by step. Begitu juga untuk kelas Google Meet. Kalau siswa ada kendala, kami langsung share screen, biar langsung bisa dipraktikkan,” terangnya.

Berbeda dengan kelas online kebanyakan, Chogah tidak mau hanya memberikan rekaman video tutorial untuk ditonton dan dipraktikkan oleh siswanya. “Karena saya pernah ikutan kelas online yang hanya dikasih video, pas mentok dan nanya, respons mentornya sangat lama. Kalau mau nanya juga hanya di grup Facebook. Kan agak repot,” ujarnya menjelaskan.

Saat ini dezain institute telah membuka tujuh kelas, di antaranya kelas desain grafis, kelas pembuatan dan pengelolaan website, kelas email marketing, kelas Facebook dan Instagram Ads, kelas personal branding, kelas optimalisasi Instagram secara organik, dan kelas copywriting.

Advertisement

Masing-masing kelas dibuka untuk maksimal lima kali pertemuan dengan durasi satu jam belajar. “Biasanya di pertemuan ketiga udah mahir dan bisa langsung praktik. Rata-rata yang belajar memang business owner atau mereka kirim tim buat capacity building. Jadi materi yang diajarkan juga langsung to the point sesuai kebutuhan siswa,” pungkas Chogah.

Informasi pendaftaran kelas private dezain institute bisa diakses melalui situs resminya www.dezainin.com/join. [SUSI]

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com