Ada Guru Hebat di Balik Band Berpersonil Siswa Tuna Netra Ini, Siapa Dia?

- Advertisement -

BISNISBANTEN.COM — Mereka pandai bermain musik. Mereka juga dengan percaya diri tampil di panggung memecahkan suasana. Sang vokalis bersuara indah menggetarkan hati pendengar. Mereka pun beberapa kali ikut kompetisi dan berhasil membawa pulang piala kebanggaan. Namun siapa sangka, mereka adalah band kumpulan orang-orang berkubutuhan khusus. Setiap personil mengalami tuna netra. Untuk itu, band mereka dinamai The Tuner Band, Tuner singkatan dari Tuna Netra. Band siswa berkubutuhan khusus ini dibentuk tahun 2014.

Salah seorang yang berperan penting terbentuknya The Tuner ini adalah Helmi Rizki Febriana (26). Guru Skh Ath-Thohariyyah 01 Pandeglang ini yang melatih mereka. Menurut Helmi, band dibentuk karena melihat siswa punya kemampuan dan bakat di bidang seni.

“Selain saya, ada beberapa guru lain bahkan kepala sekolah juga mendukung dibentuk band. Kami ingin menunjukan bahwa mereka juga bisa berkarya dan tidak dipandang sebelah mata oleh orang,” ujar pria asal Menes ini.

Helmi mengaku, melatih siswa berkubutuhan khusus perlu kesabaran dan bisa menyesuaikan dengan mood mereka.

“Setiap guru mengajari anak muridnya pasti mendapatkan kesulitan dalam proses bembelajaran. Sabar dan fokus, karena kadang mereka suka nggak mood buat belajar musik. Jadi Kita harus cari waktu yang tepat,” papar Helmi.

Helmi juga terus memberikan motivasi, semangat dan menanamkan rasa percaya diri kepada mereka bahwa mereka pun bisa. Helmi meyakinkan mereka bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika mau berusaha dan belajar.

Buktinya, Helmi mengaku mereka sekarang lebih lihai dari gurunya.

“Saya memang enggak ngajar semua personil menjadi bisa bermain alat musik. Mereka ada yg otodidak juga, yang saya latih dari nol dia di posisi drummer,” ujar Helmi yang juga hobi main musik dan masak ini.

“Dia dilatih dari nggak tau, nggak bisa, nggak mau main drum. Tapi sekarang dia bisa ngalahin gurunya sendiri main drum, hehe” lanjutnya.

The Tuner
Helmi Rizki Febriana (26). Guru Skh Ath-Thohariyyah 01 Pandeglang.

“Awalnya didengerin lagu atau musik yang dia suka. Pengenalan letak drum, nama-nama macam di bagian drum. Pas bagian praktek kita harus total, pegang kedua tangan dan kakinya. Letakan di posisi yang benar,” Helmi cerita.

Ia juga melanjutkan, cara melatihnya pun harus dengan bahasa yang mereka pahami.

Kini, The Tuner sudah terbiasa pentas di depan umum. Seperti di acara kedinasan, festival band, dan mengisi di acara pernikahan. Mereka juga berhasil meraih juara dalam berbagai perlombaan band bersaing dengan band-band pada umumnya.

“Insya Allah, awal tahun kami mau rilis mini album. Mau rekaman lagu-lagu ciptaan mereka sendiri,” ujar Helmi.

Nah bagi Anda yang penasaran penampilan The Tuner, bisa hubungi Helmi di akun Instagram rizkifebriana20. (NUA)


Penulis : Nurzahara Amalia
Editor : Nurzahara Amalia

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

1,049FansSuka
854PengikutMengikuti
31PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Long Weekend, Okupansi Hotel Mambruk Anyer 100 Persen

BISNISBANTEN.COM -- Saat long weekend atau libur panjang pekan ini, okupansi atau tingkat hunian Hotel Mambruk Anyer mengalami peningkatan hingga 100 persen....

QRIS Hasil Inovasi Sistem Pembayaran Bank Indonesia Dapat Penghargaan

BISNISBANTEN.COM -- Bank Indonesia (BI) melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) meraih penghargaan dalam kategori inovasi sistem pembayaran tahun 2020 dari Central Banking Publications...

Peringati Sumpah Pemuda, Muamalat Institute Fasilitasi Generasi Muda Jadi SDM Unggulan

BISNISBANTEN.COM -- Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang bertepatan pada 28 Oktober 2020, anak perusahaan dari PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk,...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

BACA JUGA

Uang Beredar Tetap Tinggi, Capai Rp6.742,9 Triliun Pada September 2020

BISNISBANTEN.COM -- Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) tetap tinggi pada September 2020 didukung oleh komponen uang beredar dalam...

Tingkat Kualitas SDM, PHRI Gelar Uji Kompetensi

BISNISBANTEN.COM -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten bersama Lembaga Serfitikasi Profesi (LSP) Hospitality Cakrawala Indonesia (HCI) menggelar uji kompetensi...
- Advertisement -
- Advertisement -