Banten24

2021, Ekonomi Banten Tumbuh 4,44 Persen

BISNISBANTEN.COM — Pada 2021, ekonomi Provinsi Banten tumbuh 4,44 persen. Meskipun mengalami kontraksi, tetapi pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi dibandingkan nasional. Ini diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat dalam acara Banten Breakfast Meeting Seri I 2022 dan Diseminasi LPP Banten Periode Februari 2022, Kamis (31/3).

Ia menjelaskan, pertumbuhan di tahun 2001 itu sebesar 4,44 persen, menandakan adanya perbaikan ekonomi Banten terutama didorong oleh meningkatnya kinerja konsumsi rumah tangga dan ekspor di tengah pandemi yang terus berlanjut.

“Selain itu, pemulihan utama yang mendorong optimisme dan mobilisasi masyarakat, konsumsi rumah tangga juga turut mengalami perbaikan dalam hal ini,” katanya.

Advertisement

Ia juga mengapresiasi upaya dari Provinsi Banten yang terus melakukan vaksinasi kepada masyarakat.

“Dan inilah buktinya kalau kita ekonomi apa kita masak sehat ekonomi pun tumbuh jadi Kesehatan merupakan ginseng dari pertumbuhan ekonomi dan perbaikan ekonomi,” katanya.

Ia menambahkan, sementara pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV -2021 tercatat 5,9 persen atau meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya yang hanya 4,51 persen. Untuk secara keseluruhan pada tahun 2021, inflasi Banten tercatat sebesar 1,91 persen meningkat dibandingkan tahun 2020 yang sebesar 1,45 persen. Peningkatan ini tadi disebabkan oleh mulai adanya daya beli masyarakat sehingga inflasi pada tahun 2021 tercatat lebih tinggi dibandingkan tahun 2020. Ini jug seiring mobilitas yang lebih tinggi di Banten.

“Selain itu, adanya kenaikan harga minyak goreng dan ayam¬† hingga akhir tahun 2021 yang menjadi salah satu pendorong inflasi,” katanya.

Advertisement

KPw BI Banten memperkirakan pertumbuhan ekonomi Banten sekitar 5,0 -5,5 persen. Ini melihat mulai melandainya covid-19 dan meningkatnya mobilitas masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di Banten. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com