Entertainment

Viral Soal Virtex, Begini Kata Pakar!

BISNISBANTEN.COM – Baru-baru ini, publik dibuat heboh dan tengah banyak diperbincangkan bahkan menjadi trending topik dengan adanya sebuah video yang mengakibatkan ponsel tiba-tiba mengalami lag atau ngehang.

Adapun ponsel yang tiba-tiba ngelag tersebut terjadi karena pengguna yang membuka dan menonton video di WhatsApp diduga mengandung virus virtex.

Akibatnya para pengguna ponsel yang terdampak virtex tersebut mengeluh mengalami ngehang dan macet bahkan tidak bisa menyentuh layar ponselnya tidak bisa berfungsi, hal tersebut berakibat mengganggu aktivitas di ponsel.

Advertisement

Menanggapi fenomena tersebut, pakar keamanan cyber, Alfons Tanujaya menjelaskan bahwa virtex
merupakan singkatan dari virtual text yang disusun dengan tujuan membuat sistem WhatsApp kewalahan.

“Sebenarnya video Virtex yang beredar bukan video yang diselipkan virtual Text (Virtex). Tetapi istilah Virtex ini sudah menjadi istilah baku di dunia cyber Indonesia untuk menyebut program jahat atau virus yang menyerang WhatsApp,” ujar Alfons.

“Video tersebut mengeksploitasi keterbatasan hardware jadul dan spek rendah dalam menampilkan video. Videonya sendiri tidak mengandung aplikasi jahat. Tidak ada virus, trojan atau malware. Tinggal restart aja,” sambungnya.

Dalam Virtex ini bisa diselipkan di berbagai media yang dikirim melalui WhatsApp seperti video, gambar, contact, shareloc dan lainnya. (Ismi)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA