Kuliner

Viral Es Kopi Toping Daun Bawang, Tren China yang Masuk Indonesia

BISNISBANTEN.COM – Semakin bertambahnya zaman, aneka jenis makanan dan minuman semakin bervariasi. Khususnya minuman yang sedang viral saat ini, kopi dengan toping daun bawang.

Daun bawang, jenis sayuran yang biasa dipakai untuk bahan memasak, siapa sangka akan dipakai sebagai toping minuman.

Kopi yang dicampur roti, biskuit, buah dan rempah mungkin terdengar lumrah, namun bagaimana dengan kopi yang dicampur daun bawang?

Advertisement

Baru-baru ini media sosial memang tengah diramaikan dengan tren kopi unik di China yakni spring onion latte alias latte daun bawang.

Sesuai namanya, daun bawang yang sudah dipotong kecil dicampur ke dalam larutan kopi yang akan dinikmati.

Karena ramainya tren ini, akhirnya beberapa pengusaha bidang kuliner memanfaatkannya dengan membuat usaha minuman kopi dengan toping daun bawang juga.

Mulanya, minuman unik ini ramai jadi perbincangan netizen Indonesia setelah TikToker @chinesewithmia mengunggah minuman tersebut.

Advertisement

Dalam video tersebut juga berisi proses pembuatan es kopi itu. Dimulai dengan menaruh daun bawang yang sudah dipotong-potong ke dalam gelas, lalu menambahkan es batu dan kopi.

Selain itu, ada juga penjual yang menambahkan daun bawang yang belum dipotong sebagai hiasan es kopinya. “Spring Onion Coffee Going viral di China,” tulisnya sebagai caption.

Menurut TikToker asal China ini, es kopi tersebut memiliki ciri khas rasa yang unik.

“Spring onion coffee ini memiliki cita rasa yang unik, ada perpaduan pahit dari kopinya dengan sentuhan pedas dari campuran daun bawangnya,” katanya seperti yang dikutip dari Must Share.

Selain unik, ia juga menambahkan bahwa spring onion coffee juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan karena mengandung energi dan kalsium.

Namun, tak sedikit pula netizen yang berpendapat lain perihal ini. Sebagian netizen merasa mual melihat es kopi yang dicampurkan dengan daun bawang, mengingat bau khas daun bawang yang cukup menyengat dan rasanya yang kuat.

“Saya mual melihatnya, tidak semua cocok dicampur daun bawang, itu hanya itu makanan,” ujar netizen.

“Buset apaan aja sekarang dipakain daun bawang. Di makanan aja gue gak doyan, ini lagi di kopi susu,” tulis netizen lainnya.

Bagi Anda yang penasaran dengan cita rasa unik kopi viral yang unik ini, tak perlu datang ke China untuk mencicipinya karena kopi daun bawang ini sudah ada di Jakarta, tepatnya di kafe Brew And Else yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Harga yang ditawarkan untuk spring onion coffee ini dibanderol dengan harga Rp 45.000 belum termasuk pajak. Tertarik untuk mencoba? (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA